oleh

Sampah di Luwu Capai 10 Ton Perharinya

RADAR, LUWU – Daerah pemilihan (Dapil) IV Kabupaten Luwu yang terdiri dari beberapa kecamatan yakni, Bua, Bupon, dan Kecamatan Ponrang Selatan saat ini sangat membutuhkan Tempat Pembuangan Akhir atau TPA.

Tahap pembahasan program Pemerintah Kabupaten Luwu melalui APBD tahun anggaran 2020, 9 (sembilan) orang anggota DPRD dari Dapil IV Luwu ini diharapkan mampu memperjuangan aspirasi masyarakat terkait TPA yang dinilai sangat mendesak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Luwu, Wahyuddin, membenarkan jika TPA sangat dibutuhkan di setiap dapil utamanya di Dapil IV dengan jumlah penduduk terbesar di Kabupaten Luwu saat ini setelah Dapil III Walmas.

“Produksi sampah di Luwu cukup tinggi sehingga dibutuhkan keberadaan TPA di beberapa titik untuk mengurai persoalan sampah di Luwu. Sebaiknya setiap dapil ada TPA, seperti di Walmas, Bua atau Ponrang Selatan dan Larompong,” ujarnya.

Untuk mengurai persoalan sampah di Kota Belopa dan sekitarnya atau Dapil I, Pemkab Luwu telah memiliki TPA, tinggal meningkatkan kesadaran masyarakat di sekitar wilayah ini agar volume sampah tidak terus bertambah setiap tahunnya.

“Produksi sampah di Luwu, paling sedikit 10 ton per hari. Hitungannya 2 liter sampah per pendudukn per hari ini. Untuk mendapat kubikasinya dikalikan dengan 0,03,” ujarnya.

Sehingga 2 liter dikalikan total jumlah penduduk Kabupaten Luwu sekira 359.209 hasilnya 718.418 dikalikan 0.03 hasilnya 21.552 kubik sampah yang dihasilkan di Luwu per harinya.

Wahyuddin, sendiri menyebutkan untuk dapil IV Luwu lahan untuk TPA sudah siap di Desa Tanjong Kecamatan Bupon bahkan satu lagi lahan juga siap di Desa Bukit Harapan Kecamatan Bua.

Namun terlaksananya TPA ini lagi-lagi terkendala soal anggaran. “Untuk TPA di Desa Tanjong, kami sudah selesaikan dokumen lingkungannya namun terkendala anggaran. Untuk satu TPA dibutuhkan anggaran sebesar Rp6 miliar sampai dengan Rp8 miliar,” sebutnya.

Dirincikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, anggaran diatas sudah termasuk alat berat, armada, tempat penampungan sampah atau kolam pembungan air sampah, IPAL, sumur pantau, pagar, sarana saluran air dam armada sekira 5 unit. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *