oleh

Satgas Pangan Gagalkan Penyeludupan 60 Tabung Elpiji 3 Kg

RADARLUWURAYA.com – Sebanyak 60 tabung gas elpiji 3 kilogram diamankan oleh Tim Satgas Pangan Pemkot Palopo bekerjasama dengan Polres Palopo, Kamis (13/6).

60 tabung gas elpiji ini, diamankan dari mobil pickup warna putih yang ditumpangi oleh seorang pengecer dari Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu inisial FM saat melintas di Jalan Jendral Sudirman Binturu, Kota Palopo.

FM mengaku membeli gas elpiji disalah satu pangkalan yang ada di Jalan Jenderal Sudirman Binturu. Elpiji itu rencananya akan dijual di daerahnya di Kecamatan Walenrang seharga Rp20 ribu per tabung.

“Pemilik pickup tersebut adalah pengecer dari Walenrang,” kata Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Palopo Andi Nurpati.

FM kemudian diminta untuk menuntun petugas menuju pangkalan yang dimaksud.

Awalnya, pemilik pangkalan mengaku hanya menjual tabung gas ke pengecer sebanyak 10 buah. Namun
akhirnya mengakui telah menjual 60 buah tabung elpiji 3 kilogram.

Bahkan, elpiji 3 kilogram yang dijualnya di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Yakni Rp18 ribu, dimana HET hanya Rp16.500.

Atas perbuatannya, ijin dari pangkalan elpiji tersebut bakal dicabut.

“Kami menghimbau kepada para pemilik pangkalan di Kota Palopo agar menjual gas subsidi tersebut sesuai aturan, dan tidak melayani pengecer dari luar daerah. Ini demi menjaga agar tabung gas subsidi bisa dinikmati seluruh masyarakat yang menjadi sasarannya,” pesan Nurpati.

Hal sama juga disampaikan oleh Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP Ardy Yusuf, bahwa timnya akan terus melakukan pengawasan, baik itu terhadap SPBU maupun pangkalan pangkalan tabung gas.

Temuan tersebut berhasil digagalkan saat Tim Satuan Petugas (Satgas) Pangan Pemkot Palopo dan Polres Palopo saat melakukan sidak di sejumlah SPBU di Kota Palopo.

Saat melakukan sidak di 3 SPBU, yakni SPBU Binturu, SPBU Sampoddo dan SPBU Ahmad Razak, tim tidak menemukan hal yang mencurigakn.(Niki)

Komentar