oleh

Satlantas Polres Luwu Bakal Tindak Tegas Bali, Baru 61 Kendaraan Diamankan

RADARLUWURAYA.com – Bembalapan liar (Bali) belakangan ini di wilayah Belopa Kabupaten Luwu masih meresahkan pengguna jalan dan masyarakat setempat.

Untuk itu, bagi warga yang masih sering melakukan aktivitas illegal bali ini akan ditindak tegas aparat kepolisian setempat.

Kasat Lantas Polres Kobar AKP Muhammadi Muhtari, mengatakan pemberantasan dan penindakan balap liar merupakan prioritas utama. Dalam memberantas balapan liar pihaknya sudah mengamankan 61 motor yang digunakan para pelaku untuk balapan liar.

Lanjutnya, AKP Muhammadi Muhtari, memjelaskan upaya untuk memberantas balap liar. Di antaranya menempatkan personel dan lebih intens melakukan pemantauan dilokasi rawan balap liar.

“Kami terus melakukan operasi penindakan dengan kekuatan penuh dengan dibantu seluruh kekuatan personil Polres Luwu,” ujarnya, selasa (29/1).

Bagi yang tertangkap, lanjut Kasat, maka motor yang tertangkap bakal tidak mudah untuk bisa diambil kembali. Dimana sanksi bagi mereka yang melakukan balap liar dikenakan tilang, motor bisa diambil tapi wajib memperlihatkan bukti surat kendaraan seperti SIM dan STNK.

“Bila motor tersebut dimodifikasi yang tidak sesuai peruntukannya misalnya pakai knalpot bising atau ban dengan tapak kecil, maka wajib dikembalikan sesuai standar. Setelah itu wajib membuat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi,” imbuh, AKP Muhammadi Muhtari.

Sedangkan bila pelaku balap liar yang terjaring tersebut statusnya masih dibawah umur, maka orangtuanya juga akan dipanggil ke kantor Satlantas untuk diberikan arahan.

“Dari upaya yang kita lakukan bisa dicapai terwujudnya kamseltibcar lantas yang kondusif, mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, dan memberikan efect jera kepada pelaku balap liar,” jelasnya.(Hairul)

Komentar