oleh

Sebut 3.414 Pasien Tak Dilayani Puskesmas, Dinkes Tantang Garda Sehat Ibas-Rio Paparkan Data

LUTIM – Dituding tidak memberikan pelayanan kesehatan pada 3.414 orang warga Luwu Timur, Kepala Dinas Kesehatan Luwu Timur dr. Rosmini Pandin tantang Garda Sehat Tim Ibas–Rio Paparkan data ke Dinas Kesehatan. Sebab pernyataan Irwan Bachri Syam di Kompas TV saat debat kandidat Pilkada Lutim sudah merusak citra Kabupaten Luwu Timur yang menerapkan UHC.

Rosmini menjelaskan UHC ialah sistem kesehatan yang memastikan setiap warga dalam memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau.

“Saya minta Garda Sehat Ibas-Rio menyerahkan datanya ke Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur, dari mana semua sebaran data itu, kemudian apa jenis penyakitnya, dan siapa dokter dan perawat yang melakukan pemeriksaan itu,” ungkap Rosmini Pandin.

Harus dipahami saat ini tidak bisa sembarang melakukan pemeriksaan kesehatan. Dokter maupun perawat yang ingin memeriksa kesehatan warga harus punya Surat Izin Praktek (SIP).

“Sekarang kita mau tahu siapakah gerangan yang melakukan pemeriksaan kesehatan itu . Mana datanya, kenapa tidak berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan,” ungkap Rosmini.

Hal itu dikarenakan tiap penyakit pasien harus dilaporkan ke Dinas Kesehatan. Apalagi angka tersebut dipublis ke publik.

“Kita juga harus taat hukum, makanya kita juga mau tahu apa Garda Sehat ini punya izin melakukan pemeriksaan kesehatan di Luwu Timur. Pelanggaran itu kalau tidak ada SIPnya, dokter maupun perawat dilarang sentuh pasien jika tidak ada SIPnya, Apa lagi kalau bukan wilayahnya. Ini harus diketahui Publik Luwu Timur,” tegas Rosmini Pandin.

Sekarang Luwu Timur itu sudah UHC, Petugas Kesehatan juga sudah tersebar bahkan siaga 24 jam. Untuk itu perlu diperjelas masyarakat dimana saja itu yang tidak terlayani.

Senada dengan Rosmini Pandin, Hasna Kepala Puskesmas Malili juga ikut bereaksi. Ia mengatakan tidak ada satupun warga yang datang ke Puskesmas yang tidak dilayani.

”Tidak ada pasien yang tidak dilayani kalau di Puskesmas ji. Jangankan di Puskesmas warga yang sakit dirumahnya saja asal melapor ke PKM pasti kita berikan juga pelayanan kesehatan. Akurat jikah datanya itu Garda Kesehatan,” tutup Hasna. (*)

Komentar