oleh

Sebut Tak Ada TPS Khusus Buat Pemilih Disabilitas, KPU Tak Berani Beberkan Angka

RADARLUWURAYA.com – Ada 499 TPS di Kota Palopo yang mendapat pengamanan dari aparat. Dari, 499 TPS tersebut, dua diantaranya adalah TPS khusus.

Hanya saja, TPS khusus tersebut berada di Lapas Klas IIA Palopo. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi jika penghuni lapas meningkatkan saat hari H pencoblosan Pilpres dan Pileg 2019 bulan April mendatang.

Demikian diungkapkan Komisioner KPU Kota Palopo, Iswandi Ismail saat memberikan materi di Aula Sudirman Kodim 1403/Sawerigading.

“Jadi, dua TPS khusus tersebut untuk warga binaan Lapas. Untuk pemilih disabilitas mental, mereka disamakan dengan pemilih umum, tidak ada TPS khusus untuk mereka,” kata Iswandi.

“Dia (pemilih disabilitas mental,red)
akan memilih di TPS tempat dia tinggal,” tambahnya.

Termasuk di rumah sakit, lanjut Iswandi, “Di rumah sakit juga tidak ada TPS khusus, tetapi lebih kepada melayani pasien untuk memudahkannya memberikan hak pilih,” terangnya.

Sayangnya, kendati menyebutkan bahwa tidak ada TPS khusus buat pemilih disabilitas, namun KPU Palopo tidak membeberkan berapa jumlah pemilih disabilitas mental yang ada di Kota Palopo.

Ketika dihubungi kembali, Iswandi Ismail tidak membalas.(Niki)

Komentar