oleh

Soal Pengawasan, Bawaslu Luwu Utara Klaim Terbaik di Sulsel

RADARLUWURAYA.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara, menggelar pelatihan pengawasan teknis pemilu legislatif dan pilpres tahun 2019, di Aula Hotel Remaja Indah , Masamba, Minggu (03/02).

Pelatihan teknis di buka langsung oleh Bupati Luwu Utara dan bertujuan untuk mempersiapkan secara dini bekal pengetahuan teknis pengawasan pemilu kepada panwascam agar dapat menjalankan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu legislatif dan pilpres tahun 2019 dengan baik.

Pada kegiatan ini turut hadir juga Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan serta Ketua KPU luwu Utara.

Ketua Bawaslu Luwu Utara, Muhajirin menyebutkan, tahun 2018, pihaknya telah melakukan fungsi-fungsi pengawasan dan pengelolahan keuangan.

Selain itu, Bawaslu Luwu Utara disebut-sebut masuk dalam predikat terbaik se- Sulawesi Selatan.

“Apa lagi sekarang waktu pemilihan yang tidak lama lagi pasti membuat para kandidat maupun caleg untuk lebih gencar lagi bersosialisasi. Olehnya itu fungsi pengawas dan pencegahan yang kita miliki harus kita tunjukan sebelum para kandidat ataupun caleg itu melanggar, sehingga ada pencegahan dini sebelum pelanggaran itu terjadi,” terangnya.

Sementara Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indrian mengungkapkan, untuk menghadirkan peningkatan kuwalitas pemilu termasuk pelaksanaan hak politik masyarakat dan perannya di butuhkan kerja sama semua elemen.

“Penyelenggara, Kepolisian, Pemerintah, Parpol dan bahkan masyarakat itu sendiri harus mengambil peran khususnya untuk mensukseskan pesta demokrasi di tahun 2019 ini,” tuturnya.

Indah menilai, yang di lakukan saat ini semakin memperkuat komitmen, bahwa demokrasi harus melalui kompetisi yang sehat dan tanpa kekerasan.

“Melalui pengawasan pemilu mari kita sinkronkan pelaksanaan tupoksi jajaran pengawasan bersama Stakeholder lainnya dengan landasan mengedepankan aturan hukum dan perundang undangan yang mendasari tupoksi, sehingga tercipta pemilu yang sejuk dan damai,” pungkasnya. (PA)

Komentar