oleh

Soal Rekrutmen Karyawan, DPRD Lutim RDP dengan PT Vale

MALILI, RADARLUWURAYA.com – Direktur Komunikasi dan Hubungan Luar PT. Vale Indonesia Tbk, Gunawardana Vinyaman mengatakan, saat kondisi Covid-19 perusahaan tetap ingin mempertahankan produksi.

Dirinya menjelaskan, jika sampai produksi terganggu akan mengakibatkan efek domino khususnya dari sisi perekonomian, dimana ada kontribusi PT Vale kepada Pemerintah pusat, daerah dan juga masyarakat.

Hal tersebut diungkapkannya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama DPRD Luwu Timur, dan Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan Perindustrian di DPRD Luwu Timur, Jumat (19/06/2020).

Kendati demikian, perusahaan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Menyinggung proses rekrutmen beberapa waktu yang lalu, dijelaskannya bahwa disaat diluar sana banyak yang menganggurkan pekerjanya, perusahaan justru membuka lapangan pekerjaan.

“Memang ada protes terkait penerimaan karyawan tersebut, tapi kami sudah mengikuti aturan sesuai prosedur dan memang tidak ada yang sempurna karena banyak yang menginginkan pekerjaan namun penerimaan terbatas,” kata Gunawardana.

Terkait tenaga kerja selalu dihubungkan dengan masalah kompetensi, dirinya berharap adanya Balai Latihan Kerja (BLK) Luwu Timur dan dirinya siap berkolaborasi dengan Pemerintah.

“Untuk perekrutan kami selalu berkoordinasi dengan pihak Dinas Transmigrasi, Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Transnakerin),” kata Gunawardana.

Sementara Ketua DPRD Luwu Timur, H. Amran Syam mengatakan proses produksi perusahaan tidak dapat diganggu, harus jalan terus.

Dirinya meminta proses produksi perusahaan dan perekrutan tenaga kerja tetap berjalan sembari terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dengan menjaga transparansi dalam pengumuman recrutmen.

Mengenai pembangunan BLK, DPRD sangat mendukung hal itu agar segera dilaksanakan. Hal itu bertujuan agar putra daerah siap bersaing di Luwu Timur maupun di luar meskipun tetap berharap putra daerah menjadi prioritas.

“Ini menjadi tugas bersama bagaimana mengembangkan kompetensi calon tenaga kerja di Kabupaten Luwu Timur,” kata Amran.

Sementara itu perekrutan karyawan PT Vale beberapa waktu lalu melalui kontraktor perusahaan penyedia tenaga kerja yang bermitra dengan PT Vale.

Adapun 3 Perusahaannya yakni PT. Maju Jaya, PT. Sinar Asih dan PT. Sawerigading Utama.

Penerimaan karyawan sebanyak 214 orang tenaga kerja terdiri dari 116 Mining, 78 Process plant dan keahlian khusus lain sesuai kebutuhan PT Vale pada saat itu. (hms)

Komentar