oleh

Sukses Kawal Peralihan Status IAIN, Pirol Impikan Prodi Standar Nasional

RADARLUWURAYA – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Dr. Abdul Pirol M.Ag kembali mendaftarkan diri sebagai bakal calon Rektor IAIN Palopo untuk kedua kalinya. Sebagai Petahan, Pirol sedikit berbeda dengan Bakal Calon lain yang juga ikut mendaftar.

Pirol tidak lagi bicara sekedar janji, jika kelak diberikan amanah memimpin IAIN Palopo. Pirol memilih berbicara soal karya nyata yang sudah diperbuatnya selama menjabat sebagai rektor IAIN satu periode. Selama satu periode menjalankan tugas memimpin kampus hijau ini, Pirol mengaku sudah berhasil mengawal peralihan status dari Sekolah Tingi menjadi Institut agama islam negeri.

BACA JUGA :Abbas Langaji Target Jadikan IAIN PT Berbentuk BLU

Selain itu, Pirol juga menyebutkan, jika selama menjabat Rektor IAIN Palopo, ia juga melakukan pembenahan aspek tata kelola, peningkatan kualitas sarana prasarana, dan kualitas SDM di institusi yang dipimpinnya itu.

”Sejauh ini pada periode pertama sudah berhasil mengawal perubahan status menjadi IAIN. Selain itu, telah melakukan pembenahan pada aspek tata kelola, peningkatan kualitas sarana prasarana, dan kualitas SDM. SDM dosen kita dorong studi lanjut S3 dalam dan luar negeri,” ungkap Priol kepada radarluwuraya via whatsapp, Jumat, (23/11/18).

BACA JUGA : Sah, 7 Penantang Pirol di Pemilihan Rektor IAIN

“Khusus mahasiswa, menurut pirol diberi penguatan karakter melalui ma’had al-jami’ah (pesantren mahasiswa). Di periode selanjutnya, kita akan mendorong IAIN Palopo memiliki program-program studi yang terstandar nasional dan unggul,” harapnya.

Terutama kata Pirol, pihaknya akan menekankan upaya mewujudkan integrasi keilmuan yang berciri Islam Wasathiyah atau islam moderat. Program-program kegiatan akan diarahkan untuk menunjang kualitas mahasiswa dan lulusan yang berkarakter, mandiri, memiliki jiwa nasionalis, dan profesional.

BACA JUGA : Klub Indonesia Tergabung di Grup G dan H, Hasil Drawing Piala AFC 2019

Sekedar diketahui, pada pemilihan rektor IAIN Palopo, Pirol akan berkontestasi dengan 7 orang akedemisi IAIN lainnya, untuk memperebutkan jabatan Rektor IAIN Periode 2018-2023.

Abdul Pirol sendiri, merupakan Alumni S1 Sekolah Tinggi Agama Islama Negeri (STAIN) Palopo tahun 1992. Ia berhasil meraih gelar S2 di institut Agama Islam Negeri (IAIN) Makassar Tahun 2021, dan sukses meraih Gelar Doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2009. (john)

Komentar