oleh

Tangkal Hoax, TKN Jokowi-Ma’ruf Luncurkan Aplikasi Android

RADARLUWURAYA – Guna menangkal isu hoax yang ditujukan kepada pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf meluncurkan aplikasi yang diberi nama Jokowi App. Peluncuruan aplikasi berisi beragam konten tentang pasangan calon nomor 01 itu berlangsung di Jakarta, Sabtu (17/11) malam.

Ketua TKN Jokowi – Ma’ruf, Erick Thohir mengatakan, Jokowi App juga memuat seluruh kegiatan kampanye nasional kandidat dari kubu petahana itu.

“Kalau mau tahu apakah berita terkait Pak Jokowi bohong atau tidak, bisa dilihat langsung Jokowi App. Jadi kami ingin menjadikan pemilu ini pesta demokrasi bukan untuk menakut-nakuti rakyat,” kata Erick saat peluncuran Jokowi App di Epicentrum Walk, Jakarta Selatan.

BACA JUGA : Eks Tim Prof Andalan Siap Menangkan Syaiful Saleh Di Lutim

Direktur Komunikasi Politik TKN Usman Kansong menjelaskan, Jokowi App terdiri dari enam kanal. Yakni Lebih Dekat Jokowi, Kerja Jokowi, Lebih Dekat KH Maruf Amin, Indonesia Maju, Sudut Pandang dan Suaraku. Selain itu, aplikasi itu juga akan dilengkapi permainan atau game yang menyediakan poin dan bisa ditukar dengan merchandise.

“Semua ini untuk mendekatkan masyarakat kepada Jokowi-KH Maruf Amin,” ujarnya.

Hanya saja, untuk saat ini Jokowi App baru bisa diunduh di Google Play untuk ponsel dengan sistem operasi berbasis Android. Rencananya, aplikasi itu juga bisa diunduh di App Store untuk gadget buatan Apple.

“Kami sudah mendaftarkan ke Apple Store (iOS). Jadi tinggal menunggu waktu saja untuk bisa diunduh di App Store,” kata Usman.

BACA JUGA : Prabowo-Sandi Bakal Dijadwalkan Berkunjung ke Tanah Luwu dan Sorowako

TKN juga meluncurkan website www.01jokowiamin.id yang bisa digunakan masyarakat untuk menyalurkan donasi bagi pemenangan Jokowi-Kiai Maruf. Bendahara TKN Wahyu Sakti Trenggono menjelaskan, mekanisme aplikasi web donasi itu sudah terintegrasi dengan peraturan KPU tentang dana kampanye. Donasi masyarakat lewat aplikasi web ini juga bisa dilihat secara realtime. Semua dilakukan demi transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan dana kampanye Jokowi-Kiai Maruf.

“Jadi misalnya perorangan mau nyumbang, aplikasi web ini membatasi sampai maksimal Rp 2,5 miliar sesuai aturan KPU. Misalnya mau menyumbang Rp 10.000, cuma butuh waktu sebentar untuk melihat sumbangan sudah masuk,” jelas Trenggono. (*/radarluwuraya)

Komentar