oleh

Terancam Amblas, PT Vale Bakal Perbaiki Jalan Penghubung Malili-Sorowako

MALILI, RADARLUWURAYA.COM– Sehubungan dengan kerusakan jalan logistik Sorowako-Malili pada kilometer 54 yang terancan amblas akibat terkikis air sungai. tim Civil Road Maintenance (CRM) PT Vale merencanakan perbaikan dalam waktu dekat.

Dari konfirmasi tim Geoteknik PT Vale, kerusakan jalan tersebut disebabkan oleh aliran dan genangan air berlebih yang melewati jalan, sehingga genangan tersebut menyebabkan sisi jalan terus tergerus dan berpotensi menyebabkan kerusakan yang lebih besar akibat longsor.

Kerusakan sisi jalan diperkirakan terjadi sepanjang 100 meter dari titik KM.54 plus 162 meter hingga titik KM.54 plus 262 meter.

“Pada bagian atas jalan, terdapat culvert atau gorong-gorong yang tidak lagi berfungsi maksimal. Pada area tersebut terdapat bukaan lahan yang memungkinkan air mengalir lebih deras melintasi bahkan menggenangi jalan,” kata Gunawardana Vinyaman, Direktur External Relations dan Corporate Affairs PT Vale, Selasa 24/03/2020.

Ia menjelaskan, teknis perbaikan yang direncanakan tim CRM PT Vale adalah mengganti culvert di sisi kanan jalan, memperlebar badan jalan, dan melakukan perbaikan pada dasar jalan yang tergerus.

“Kami melakukan persuratan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Luwu Timur, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional XIII Makassar dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang – Kementerian PUPR untuk memberi informasi mengenai tahapan pekerjaan yang akan dilakukan untuk selanjutnya memperoleh perizinan atas pengerjaan jalan tersebut,” Jelas Gunawardana.

Diketahui PT Vale membangun jalan logistik dari Sorowako hingga Pelabuhan Balantang, di Malili sepanjang 58 kilometer. PT Vale mengelola jalan tersebut untuk mendukung operasional transportasi ekspor komoditas nikel dan suplai logistik ke area Plant Site. Selain dipakai untuk kebutuhan transportasi logistik, jalan tersebut juga digunakan oleh masyarakat sebagai jalan publik. Sebagian ruas jalan logistik tersebut masuk menjadi Jalan Nasional.

“Lokasi jalan yang rusak tersebut berada pada ruas Jalan Nasional yaitu kilometer ke-3 dari Malili atau KM.54 dari Sorowako,” imbuh Gunawardana.

“PT Vale senantiasa mengemban kewajiban pemeliharaan jalan logistiknya demi keamanan dan keselamatan kegiatan transportasi. Namun demikian, kami juga berharap agar aktivitas baru yang dilakukan di sepanjang sisi jalan logistik tersebut dapat dikoordinasikan dengan PT Vale agar kita bersama dapat mengelola risiko terhadap jalan tersebut dan meminimalkan dampak pada kepentingan publik,” ujar Gunawardana.

Perbaikan jalan di KM.54 direncanakan dilakukan mulai minggu ini. Pekerjaan akan berlangsung secara bertahap hingga beberapa minggu ke depan sambil menunggu perizinan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *