oleh

Teriak Mekarkan Luwu Tengah di Muktamar IPM XXI, Tiga Mahasiswa Palopo Diamankan

RADARLUWURAYA.com — Pembukaan Muktamar XXI Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Senin (19/11) diwarnai kericuhan.

Hal ini lantaran di penghujung acara, tetiba beberapa orang peserta muktamar tiba-tiba mendekati panggung dan berteriak ke arah Jokowi. Mereka juga membentangkan karton bertuliskan ‘Cabut Moratorium Pemekaran Luwu Tengah’

Hal ini mengganggu jalannya acara, Sehingga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengamankan peserta tersebut.

Salah satu peserta muktamar IPM yang melayangkan protes kepada Jokowi, mengaku ingin meminta Kepala Negara mencabut moratorium DOB (Daerah Otonomi Baru), yang menghambat pemekaran di daerah termasuk DOB Kabupaten Luwu Tengah.

“Kami minta cabut moratorium pemekaran Luwu Tengah,” kata Algazali salah satu peserta Muktamar IPM dari Kota Palopo yang merupakan Mahasiswa IAIN Palopo ini.

Dia juga menegaskan, aksi protes sengaja dilakukan di pembukaan Muktamar XXI IPM karena Jokowi hadir dalam acara ini.

“Karena momentumnya pas,” jelas Kabid Hikmah PC IMM Palopo ini.

Komandan Paspampres, Mayor Jenderal TNI Suhartono mengatakan anggotanya terpaksa mengamankan pelajar yang berteriak sambil membentangkan karton ke arah Jokowi guna menjaga kondusifitas acara pembukaan Muktamar XXI IPM.

“Karena masih acara, ada protokolnya, ada Undang-undangnya, Paspampres menghalau mereka mengamankan ke luar arena. Setelah itu mereka diserahkan ke panitia acara,” jelas Suhartono.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki mengatakan jokowi membuka diri bagi pelajar yang ingin memberikan masukan dan kritikan. Jokowi, lanjut Teten, selalu mendengar aspirasi rakyat.

“Pak jokowi barangkali adalah Presiden yang paling mudah diakses oleh rakyatnya. Pintu Istana dibuka lebar dan beliau juga suka blusukan menghampiri rakyatnya,” kata Teten.

“Jadi peserta muktamar IPM yang mau berkomunikasi dengan Presiden, beliau pasti akan menyambut dengan tangan terbuka. Apalagi anak muda, di tengah persaingan dunia yang ketat saat ini, beliau melihat masa depan Indonesia ada di tangan mereka,” Lanjutnya.

Tiga Mahasiswa Palopo yang diamankan Paspamres di acara pembukaan Muktamar XXI IPM di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang membentangkan poster mekarkan Luwu Tegah diketahui merupakan Ketua Umum PD IPM Palopo, Amar Jaya Nasir mahasiswa STIE Muhammadiyah Palopo, Sekretaris Umum IPM Palopo, Muh. Zainal Nur, yang juga merupakan mahasiswa STIE Muhammadiyah Palopo jurusan akuntasi dan Al- Ghazali pengurus IPM Palopo sekaligus Kabid Hikmah IMM Palopo yang juga merupakan mahasiswa IAIN Palopo fakultas PGMI. (jhon/ale)

Komentar