oleh

Tim Germas Kemenkes RI Kunjungi Pemkab Luwu TImur, Husler: Siap Berkomitmen

RADARLUWURAYA.com – Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler menerima kunjungan kerja (Kuker) Tim Peninjau Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Pemprov Sulawesi Selatan, di ruang kerja Bupati Luwu Timur, Senin (18/2).

Bupati Husler didampingi Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachry Syam, Sekretaris Daerah Luwu Timur, H. Bahri Suli, serta sejumlah Asisten dan kepala OPD lingkup Pemkab Luwu Timur.

“Program Germas merupakan program yang mengedukasi masyarakat serta memberikan pemahaman untuk menjaga pola hidup sehat. Karena itu Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Kesehatan senantiasa berkomitmen untuk mengimplementasikan berbagai aspek dalam program Germas ini,” kata Husler.

Keseriusan Pemerintah, lanjut Husler, daerah dalam penerapan program Germas ini, telah dilaksanakan sejak tahun 2017 dengan melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya mengikuti sosialisasi dan penandatangan nota kesepakatan dalam rangka Germas tingkat provinsi tahun 2017, serta ditindaklanjuti dengan menggelar sosialisasi program Germas tingkat kabupaten dengan melibatkan seluruh element masyarakat Luwu Timur.

“Kabupaten Luwu Timur ini juga memaparkan selain menggelar berbagai sosialisasi Germas, Pemkab Luwu Timur juga menerbitkan Surat Edaran Bupati Luwu Timur No. 430/1296/Dinkes Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat untuk terimplementasinya 3 aspek pokok dalam Germas tersebut yakni rutin makan buah dan sayur, melaksanakan aktifitas fisik serta pemeriksaan kesehatan secara rutin,” terannya.

Sebelumnya, orang nomor satu di Luw Timur ini memberikan apresiasi dan ucapan selamat datang kepada Tim Peninjau Program Germas di Kabupaten Luwu Timur.

“Saya berharap kehadiran tim ini mampu menambah semangat pemerintah daerah dalam memasyarakatkan program Germas, mendapat petunjuk dan arahan demi keberlanjutan program Ini,” tutpnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyebarluasan Informasi Kesehatan Dit Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat (Kemenkes RI), Theresia Irawati menjelaskan kehadiran tim untuk memonitoring pelaksanaan program Germas serta mensosialisasikan keberlanjutan dari program tersebut.

“Kami merasa bangga terhadap respon dan perhatian Pemkab Luwu Timur terhadap program Germas ini. Saya harap keberlanjutan program ini benar-benar memberi dampak yang baik terhadap masyarakat,” harapnya. (hms)

Komentar