oleh

Tindaklanjuti Hasil RDP, Komisi 3 Kunker ke Lokasi Tambang CLM

MALILI, RADARLUWURAYA.COM- Tindaklanjuti hasil RDP, Wakil ketua DPRD Luwu Timur Usman Sadik didampingi anggota komisi 3 Najamuddin dan Andi Surono kunjungan kerja ke lokasi pertambangan milik PT. Citra Lampia Mandiri (CLM), Jumat (03/12/2020).

Kadis DLH, Andi Tabacina Akhmad, didampingi staf turut meninjau lokasi tambang.

Lokasi pertama yang ditinjau adalah Sediment Pond/ Settling Pond (kolam pengendapan). Ditemani manajemen PT CLM, Wakil Ketua DPRD Usman Sadik langsung mengungkapkan kekecewaannya perihal Kolam Pengendapan yang tidak sesuai harapannya.

“Ini tidak sesuai dengan harapan kami, harusnya sesuai AMDAL,” kata Usman.

Dirinya meminta agar manajemen PT. CLM segera melakukan perbaikan. Beberapa hal sangat perlu untuk diperbaiki seperti yang tertuang dalam dokumen Amdal mulai dari pelebaran kolam, jarak kolam dari sungai dan penambahan sarana penyaring air dengan memperhatikan aspek lingkungan.

“Ini akan menjadi bahan konsultasi kami ke Provinsi dan Pemerintah Pusat, pencemaran tidak boleh berlarut-larut,” kata Usman.

Mendengar saran dan rekomendasi tersebut, Manajer operasional PT. CLM Rahim Suaib menuturkan pihaknya akan segera menyampaikan hal ini kepada manajemen perusahaan. “Saran dan rekomendasi ini tentunya menjadi perhatian kami dalam melanjutkan operasional aktivitas di waktu mendatang. Segera saya teruskan kepada pihak manajemen untuk dilakukan perbaikan sebagaimana yang tertuang dalam dokumen Amdal,” tutur Rahim.

Selain meninjau lokasi kolam pengendapan, Komisi 3 DPRD Luwu Timur juga menyambangi pelabuhan PT. CLM yang terletak di desa Harapan Malili untuk melihat langsung aktivitas pengapalan ore yang akan diangkut ke Kabupaten Morowali dan Bantaeng.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *