oleh

Tingkatkan Inovasi Desa, TPID se Lutra Rapat Koordinasi

RADARLUWURAYA.com – Upaya meningkatkan inovasi Desa di Kabupaten Luwu Utara terus dilakukan. Untuk itu, Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) se Kabupaten Lutra Gelar Rapat Koordinasi di Aula Kantor DPMD, Senin (26/11).

Dalam rapat tersebut secara mendalam TPID se Kabupaten Lutra semembahas tentang upaya mengawal kartu komitmen dan kartu ide Desa.

Untuk diketahui, kartu komitmen Desa merupakan perjanjian antara Kepala Desa dengan TPID dalam rangka menyusun anggaran pelaksanaan inovasi desa melalui RAPBDesa masing-masin Desa.

Saat ini, setidaknya ada sebanyak 46 buah inovasi Desa yang diturunkan dari Pemerintah Pusat. Sehingga setiap Desa khususnya di Kabupaten Lutra harus mengambil salah satu poin utama inovasi Desa yakni Infrastruktur, ekonomi dan sumber daya manusia (SDM).

Adapun ketiga poin penting dalam Inovasi Desa tersebut selanjutnya dijabarkan. Dalam poin SDM misalnya dapat dilakukan melalui peningkatan kapasitas kader tehnis Desa.

Selanjutnya dalam poin Infrastruktur, semisal pembangunan Desa, pembangunan sarana olahraga Desa. Kemudian poin Ekonomi Desa dapat dilakukan pemanfaatan Drainase sebagai tempat budidaya Ikan lele.

Untuk itu, dalam inovasi Desa ini, masing-masing Desa wajib memilih salah satu poin untuk dikembangkan.

Ketua TPID Kecamatan Sabbang, Arsal mengatakan, inovasi Desa dilakukan bertujuan untuk mengangkat produk lokal sehingga mampu bersaing dengan produk non lokal lainnya. (herman)

Komentar