oleh

Toi Porio, Gelar Adat Untuk Mensos RI dari Tomakaka Masamba

RADARLUWURAYA – Kunjungan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita ke Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Selasa (30/10/18) disambut hangat masyarakat setempat. Bahkan, Ketomakakaan Masamba memberikan gelar adat khusus kepada Mensos RI, di sela-sela acara Peresmian Rumah Adat Katokkoan, di Kelurahan Bone, Masamba.

Disaksikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Tomaka Masamba Haris Kasmad memberikan gelar adat ‘Toi Porio’ kepada Agus Gumiwang.

BACA JUGA: Mensos RI Kukuhkan Husler Sebagai Pembina Wilayah Pelopor Perdamaian

“Ini merupakan kebanggaan buat saya pribadi maupun buat teman-teman di Kementerian Sosial. Insya Allah, gelar adat ini akan saya pegang teguh, dan berjanji akan menjadi sahabat setia bagi warga Luwu Raya, khususnya Luwu Utara. Terima kasih banyak atas gelar adat ini,” ujar Agus Gumiwang.

Agus Gumiwang juga berjanji tidak akan melupakan pemberian gelar adat tersebut. “Saya akan selalu mengingat penganugerahan gelar adat ini. Untuk itu, saya akan terus menjalin persahabatan antara diri saya dengan warga, serta Kementerian Sosial RI dengan warga Luwu Raya pada umumnya,” ujarnya menambahkan.

BACA JUGA: Mensos RI Kunjungi Luwu Utara, Ini Acara yang Dihadirinya

Pemberian gelar adat ini juga dihadiri Bupati Luwu Timur Thoriq Husler, Bupati Luwu Andi Mudzakkar, Walikota Palopo Judas Amir, Dirjen Linjamsos, Kadis Sosial Sulsel Ilham A. Gazaling, dan para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Lutra. Usai pemberian gelar, Mensos Agus Gumiwang membuka acara Harmoni Kebangsaan di Desa Baloli Kecamatan Masamba.

Sementara itu, gelar adat yang disematkan kepada AGus Gumiwang adalah Toi Porio. Gelar ini berarti orang yang dirindukan. Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengucapkan terima kasih kepada Mensos Agus Gumiwang dan jajarannya atas kunjungannya ke Kabupaten Luwu Utara.

“Kami berharap kedatangan pak Menteri dan jajarannya hari ini bukan yang terakhir, seperti gelar adat yang diberikan dari Tomakaka Masamba, arti Toi Porio adalah orang yang dirindukan, dan warga Luwu Utara merindukan kedatangan pak Menteri kembali ke daerah ini,” harap Indah.

 

Komentar