oleh

Usai Ditegur Kemendagri, Bupati Tator Mundur Sebagai Plt Kadinkes

RADARLUWURAYA.com- Usai menjadi sorotan karena rangkap jabatan, Bupati Tana Toraja (Tator) Nicodemus Biringkanae resmi mengundurkan diri sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan. Pengunduran diri Nicodemus itu menindaklanjuti teguran Kementerian Dalam Negeri (Mendagri).

“Persoalan tersebut langsung ditindaklanjuti dan Bupati telah mencabut Surat Perintah Plr Kadis Kesehatan. Bupati telah menunjuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tator Yunus Sirante sebagai Plt Kadis Kesehatan Tator,” terang Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar dalam keterangan resmi yang diterima di Makassar, Kamis (14/3).

Surat Perintah sebagai Plt Kadis Kesehatan kepada Yunus Sirante teruang berdasarkan Nomor: 820-41/BKPSDM/III/2019. Rangkap jabatan dinilai sebagai suatu hal yang dianggap melanggar alias maladministrasi. Sebagai lembaga tertinggi dalam lingkup Aparatur Sipil Negara (ASN), Kemendagri menugaskan jajarannya untuk sesegera mungkin menyelesaikan polemik tersebut.

Pengunduran diri Nicodemus sebagai Plt Kadis Kesehatan juga merupakan hasil dari rapat internal yang dilakukan Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda), Inspektorat Jenderal, dan Biro Hukum Kemenpan RB, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Kabupaten Tator.

“Berdasarkan dari hasil rapat, setelah mendengar masukkan dari masing-masing Kementerian/Lembaga dan Pemerintah melakukan komunikasi langsung dengan Bupati agar mencabut Surat Perintah yang menunjuk diri sendiri selaku Plt Kadis Kesehatan,” pungkas Bahtiar. (RadarLuwuRaya/Jawapos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *