oleh

Usai Salat Id Idul Fitri, 11 Orang Napi Lapas Palopo Bebas

RADARLUWURAYA.com – SK Remisi Khusus (RK) hari raya Idul Fitri 1440 H telah terbit, 440 orang narapidana (napi) yang mendekam di Lapas Klas IIA Palopo mendapatkan potongan masa tahanan. Bahkan, 11 orang dinyatakan bebas usai salat Id.

Kepala Lapas Klas IIA Palopo, Indra Sofyan mengatakan, dari 448 orang napi yang diusulkan mendapatkan remisi, baru 440 orang yang sudah turun SKnya.

“Usulan ada 448 orang, yang sudah turun SKnya ada 440 orang, nanti menyusul 4 orang,” kata Indra, Selasa (4/6).

Pemberian remisi tersebut dilakukan usai melaksanakan salat Id di lapangan futsal Lapas Klas IIA Palopo. Indra mengatakan, usai salat Id, ada 11 orang yang dinyatakan bebas.

“Yang bebas ada 11 orang, dimana 3 orang mendapatkan RKII bebas, satu orang bebas murni, 6 orang mendapatkan cuti menjelang bebas (CB) dan satu orang mendapatkan pembebasan bersyarat (PB),” jelas Indra.

Menurut Indra, napi yang bebas tersebut, dua orang merupakan napi wanita.

Saat ini di Lapas Palopo, selain persiapan remisi untuk para napi, petugas Lapas Klas IIA Palopo juga sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi pengunjung.

“Dipastikan pengunjung di lapas bakal membludak saat lebaran, pengunjung bisa mencapai 2.000 orang bahkan lebih. Tahun kemarin dengan penghuni 500 orang saja, pengunjung sudah seribu lebih,” ujarnya.

“Per tanggal 4 Juni 2019, penghuni di Lapas Palopo berjumlah 820 orang,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang Tidak diinginkan, Lapas Palopo memperketat pemeriksaan saat masuk ke lapas.

“Bawaannya dititipkan di loker luar bukan lagi di dalam kantor. Bilik pemeriksaan juga berada di luar kantor, bahkan ada tambahan bilik jadi empat,” jelasnya.

Untuk pengamannya, petugas lapas telah diberikan tanggungjawab masing-masing, termasuk meminta bantuan TNI-POLRI.

“Tidak ada cuti, fokus pengamanan,” sebut Indra. (Niki)

Komentar