oleh

Usai Vaksin MR, Delapan Siswi Dilarikan ke Rumah Sakit

RADARLUWURAYA.com – Usai menerima suntik vaksin Rubella, delapan siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Kota Palopo dilarikan ke Rumah Sakit Umum, Rabu (29/8/2018).

Lima siswa dirawat di Rumah St. Madyang Palopo dan tiga lainnya dirawat di Rumah Sakit At Medika Palopo.

Salah seorang siswi, Ainun mengatakan, berselang beberapa menit setelah disuntik, ia merasa mual, demam dan mau pingsan.

BACA JUGA : Meski Ada Insiden, Vaksin MR di Palopo Tetap Dilanjutkan

Begitupun yang dirasakan oleh teman-temannya yang lain. Sehingga guru yang berada di sekolah bergegas membawanya ke rumah sakit.

“Tiba-tiba pusing kak dan demam. Guru saya panik dan saya diantar ke rumah sakit,” katanya.

Sementara itu dr UGD RSU St. Madyang, Amrullah mengatakan, kelima siswi yang ditanganinya memiliki riwayat penyakit sejak lama.

BACA JUGA : Aktivis Mahasiswa Ini Sebut MUI Keliru Soal Vaksin MR

Sehingga wajar, jika menerima vaksin rubella akan berdampak pada sistem imun tubuh para siswi tersebut.

“Gejala demam itu adalah dampak biasa yang dirasakan jika selesai di vaksin. Apalagi semua memiliki riwayat penyakit, ini hanya dirasakan sesaat setelah itu kami yakin semua baik-baik saja,” katanya.

Sebelum diberikan suntik vaksin rubella semua siswa telah diberikan surat persetujuan. Vaksin tersebut bersifat tidak memaksa hanya diperuntukkan bagi siswa yang mau.

“Sebelumnya kami sudah berikan selebaran persetujuan. Banyak juga siswa yang tidak mau. Saya berharap semoga semua baik-baik,” kata Kepala Sekolah SMPN 3 Palopo, Kartini Alwi.

Hingga berita ini diturunkan, kedelapan siswi tersebut masih menerima perawatan, keluarga terus berdatangan untuk membesuk. (john)

Komentar