oleh

Wabup Lutim, WTP Bukan Tujuan Akhir

RADARLUWURAYA.com- Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bahri Syam, menghadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta, Jumat (21/09/2018).

Rakernas yang mengangkat tema “Pengelolaan Keuangan Negara yang Sehat untuk Indonesia yang Kuat” tersebut, dibuka oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI), Sri Mulyani Indrawati yang ditandai dengan pemukulan gong.

Turut hadir pada Rakernas tersebut Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Pusat, Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia.

Diselenggarakannya Rakernas tersebut untuk memperkuat komitmen bersama dalam meningkatkan akuntabilitas dan transportasi pengelolaan keuangan negara guna mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik, menindaklanjuti amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Pertanggung Jawaban atas pelaksanaan APBN tahun anggaran 2017 untuk memberikan apresiasi kepada Kementerian/Lembaga yang laporan keuangannya memperoleh opini, acountable, dan profesional.

Usai Rakernas, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bahri Syam mengatakan, kegiatan ini dalam rangka peningkatan manajemen keuangan negara untuk mendukung pembangunan menuju Indonesia yang sejahtera. Tidak hanya itu, ini juga merupakan upaya peningkatan sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Lanjut, Irwan mengatakan, sangat mendukung upaya Pemerintah dan siap bersinergi dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang sehat serta sangat berkomitmen dalam mewujudkan akuntabilitas akuntansi dalam pelaporan keuangan.

“WTP itu bukan tujuan akhir, tapi merupakan salah satu indikator adanya upaya sungguh-sungguh dari Pemerintah untuk terus memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara sebagai fondasi kuat untuk mewujudkan mencapai Indonesia yang mandiri dan berdaya saing,” kata Irwan.

“Alhamdulillah Pemkab Luwu Timur sudah 5 kali menerima penilain laporan keuangan dari BPK dengan opini WTP, hal ini membuktikan kita telah patuh, disiplin, efektivitas dan akuntabilitas dalam mengelola keuangan di daerah,” tutup Irwan.

Pada Rakernas Akuntansi dan Laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 kali ini, juga diadakan peyerahan penghargaan, talkshow, peluncuran dan bedah buku akuntansi dan pelaporan pemerintah Indonesia dari masa ke masa.

Komentar