oleh

Wakili Wali Kota, RMB Serahkan Ranperda APBD 2019

RADARLUWURAYA – Dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, banyak regulasi baru yang perlu diketahui oleh seluruh instansi lingkup Pemerintah Kota Palopo. Seperti aturan penyusunan program dan kegiatan sesuai dengan Permendagri tentang pedoman penyusunan APBD, DAU tambahan untuk kelurahan dan beberapa surat edaran kementerian yang kesemuanya harus mendapatkan perhatian.

Demikian diungkapkan Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso saat menyerahkan rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun anggaran 2019, pada rapat paripurna DPRD Kota Palopo, di ruang rapat paripurna, Kamis, (22/11/18).

BACA JUGA : DPMPTSP Seminar Penyusunan RUPM, Wawali Dorong Kemudahan Investasi

“Hal ini dimaksudkan agar APBD tahun anggaran 2019 akuntabilitas proses penyusunannya dapat dipertanggungjawabkan,” kata RMB.

Pada kesempatan itu juga, RMB menegaskan khusus kepada para pimpinan perangkat daerah sebagai penanggungjawab pengelolaan keuangan ditingkat OPD kiranya harus bersungguh sungguh mengikuti secara saksama hal-hal yang menjadi tanggungjawab dan kewenangannya.

“Perlu saya ingatkan bahwa BPK akan memulai audit pada dokumen perencanaan sehingga setiap penganggaran yang dilakukan haruslah berdasar pada dokumen perencanaan. Karena itu, setiap kepala perangkat daerah bertanggungjawab pada penganggaran yang dilakukan,” pesan RMB diakhir sambutan pengantar nota keuangan APBD 2019.

BACA JUGA :Masyarakat Pentojangan dan Salubattang Butuh Jembatan dan Posyandu

Dalam pengantar nota keuangan APBD tahun anggaran 2019, RMB yang mewakili Wali Kota Palopo mengungkapkan, penyusunan APBD TA 2019, berpedoman pada peraturan menteri dalam negeri nomor 38 tahun 2018, tentang pedoman penyusunan APBD TA 2019.

”Pelaksanaan rapat paripurna tersebut merupakan tindak lanjut dari nota kesepakatan antara Pemkot Palopo dengan DPRD kota palopo, tentang kebijakan umum APBD 2019 dan prioritas plafon anggaran sementara APBD 2019 sebagaimana yang telah dilakukan,” tandasnya.

Paripurna ke-42 masa sidang ke-3 tahun 2018 tersebut dipimpin langsung ketua DPRD Kota Palopo Harisal A Latief, yang didampingi wakil ketua I dan II, serta dihadiri para anggota DPRD kota Palopo, Asisten dan juga para pimpinan perangkat daerah lingkup Pemkot Palopo. (john)

Komentar