oleh

Warga Wawondula Apresiasi Program Inovasi Balada Capil Luwu Timur

TOWUTI, RADARLUWURAYA.COM- Masyarakat Desa Wawondula Kecamatan Towuti mengaku senang dengan program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Luwu Timur yakni “Balada Capil”.

Hal tersebut terungkap saat Tim Balada Capil mengantarkan langsung Akta Kelahiran dan KK seorang bayi yang sedang dirawat di Puskesmas Wawondula, yang diserahkan langsung oleh Kepala PKM, Jumat (13/03/2020).

“Ya, masyarakat kami sangat senang dengan adanya Balada Capil,” ungkap Kepala Puskesmas Wawondula, H. Sahmuddin sesaat setelah menyerahkan Akta Kelahiran tersebut.

Menurutnya, inovasi ini benar-benar sangat bermanfaat buat masyarakat karena orang tua bayi tidak perlu lagi jauh-jauh ke Malili untuk mengurus dokumen kependudukan anaknya.

“Manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat karena sangat memudahkan orang tua dan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Itulah kenapa kami (Puskesmas Wawondula) sangat mendukung inovasi Balada Capil ini,” tegas H. Sahmuddin.

Sementara Kepala Seksi Kelahiran Disdukcapil Lutim, Sukmawati Syam mengucapkan terima kasih atas dukungan dari PKM Wawondula. Ia juga sangat bersyukur karena masyarakat sangat senang dengan inovasi yang ia dan timnya ciptakan.

“Terima kasih atas dukungannya pak H. Sahmuddin selaku kepala Puskesmas Wawondula. Kami tidak menyangka masyarakat Wawondula begitu senang dengan inovasi ini,” ujar Sukmawati.

Balada Capil (Bayi Lahir Langsung Dapat Akta Kelahiran dan KK dari Capil) merupakan sebuah inovasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu Timur yang telah berjalan dari tahun 2019 dimana orang tua sang bayi tidak perlu lagi ke Kantor Diadukcapil mengurus Akta Kelahiran anaknya karena Tim Balada Capil yang akan mengantarkannya langsung ke Puskesmas atau Rumah Sakit.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *