oleh

Waspada! WMO Sebut Ada Potensi El Nino Tiga Bulan Ke Depan

RADARLUWURAYA.com – Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) memprediksi ada potensi 70 persen dari peristiwa El Nino lainnya yang akan terjadi selama tiga bulan ke depan.

Fenomena tidak teratur ini mendominasi berita internasional pada tahun 2016 lalu, sebagai penyebab cuaca ekstrim di seluruh dunia.

“WMO tidak memprediksi El Nino yang diantisipasi untuk menjadi sekuat peristiwa 2015-2016, tetapi El Nino masih akan memiliki dampak yang besar,” kata Sekretaris Jenderal WMO Petteri Taalas seperti dimuat Al Jazeera.

Singkatnya, El Nino adalah ombak hangat dari air terhangat di Pasifik khatulistiwa. Dalam apa yang dikenal sebagai fase netral, Laut Filipina menjadi tuan rumah air hangat. Saat peristiwa El Nino berkembang, air ini berputar, perlahan, menuju pantai Ekuador.

Air hangat menguap ke atmosfir, hal ini memiliki efek memindahkan ketel uap terbesar di planet ini dengan jarak 15.000 km timur.

Efek umum dari peristiwa El Nino yang signifikan diketahui adalah curah hujan di bawah normal diperkirakan di Amerika Tengah dan Karibia, bagian dari Asia selatan, Asia Timur dan Pasifik.(RMOL/tiara)

Komentar