oleh

Wow!! Di Menjana, Kepala Keluarga Hanya Sekitar 75 KK, Tetapi Sapinya 500 Ekor

PALOPO, INIKATA.com — Menjana merupakan nama lingkungan yang ada di Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana, Kota Palopo. Daerah ini berada di ketinggian dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Luwu.

Yang menarik dari lingkungan ini, jumlah kepala keluarga (KK) hanya kurang lebih 75, namun jumlah sapi yang dipelihara sekitar 500 ekor.

“Khusus di Kecamatan Sendana, populasi sapi terbanyak ada di Menjana,” kata Kabid Kesehatan Hewan dan Kesmavet Dispertanakbun Kota Palopo, drh Burhanuddin, Selasa (31/7/2018).

Informasi dari salah seorang warga, satu keluarga memelihara sapi, paling kurang tiga ekor sapi.

Dalam rangka kesiapan stok hewan qurban, tim dari kesehatan hewan Dispertanakbun Kota Palopo bersama mahasiswa fakultas kedokteran hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), mengunjungi daerah pemasok sapi yang ada di Palopo.

“Kita mengecek kesiapan kecukupan sapi untuk hari raya Idul Adha, sekaligus pengambilan sampel darah dan pemberian vitamin untuk sapi,” jelas drh Bur.

Pengambilan sampel darah, menurut drh Bur, itu untuk mengecek apakah sapi di Menjana ada yang terinfeksi keguguran atau tidak.

“Kalau positif, kami sarankan disembelih di tempat pemotongan hewan. Dan jerowannya tidak boleh dikonsumsi,” jelasnya.

Sementara untuk pemberian vitamin, itu diberikan kepada sapi jantan dan betina untuk meningkatkan anti bodi, agar sapi-sapi tersebut sehat hingga tiba saatnya disembelih di Hari Raya Idul Adha nanti.

“Hari ini kita fokus di Menjana, daerah lain menyusul sesuai jadwal yang telah dibuat,” tandasnya. (Tiara)

Komentar