oleh

Wujudkan Luwu Timur Terkemuka, Bapelitbangda Susun Rencana Induk Kelitbangan

RADARLUWURAYA.com – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Luwu Timur menggelar Seminar Penyusunan Rencana Induk Kelitbangan Kabupaten Luwu Timur tahun 2019-2024 di Hotel I Lagaligo Malili, Selasa (11/12/2018).

Kegiatan ini digelar untuk memberikan masukan dalam penyusunan dokumen perencanaan jangka menegah sehingga mampu mengakomodir kebutuhan program Kelitbangan dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

“Sasaran dari rencana induk Kelitbangan ini adalah untuk memberikan arah pelaksanaan program Kelitbangan lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, guna peningkatan kualitas kebijakan, regulasi berbasis Kelitbangan,” kata ketua panitia pelaksana, Safiuddin dalam laporannya.

Sebagaimana diketahui, lanjut Safiuddin, rencana induk Kelitbangan merupakan produk kebijakan baru, penelitian dan pengembangan berperan penting dalam mendorong kemajuan suatu negara, dimana hasil litbang yang akurat dalam bentuk konsep, model, sekanario maupun pilihan kebijakan yang tepat dapat menjadi rekomendasi dalam mengatasi berbagai masalah yang timbul.

Dalam sambutan Bupati Luwu Timur yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pengembangan Infrastruktur, H. Budiman mengatakan, sebagai daerah otonom, Kabupaten Luwu Timur dituntut untuk mandiri dalam menentukan kebijakan dan strategi pembangunan sesuai dengan kondisi dan potensi yang di miliki, kebijakan dan strategi pembangunan daerah yang tepat dan berkualitas tentu tidak akan mungkin lahir tanpa pengkajian, penelitian dan pengembangan ilmiah.

Lanjut Budiman, ia berharap kebijakan Kelitbangan yang telah direncanakan dalam penyusunan rencana induk ini serta hasil-hasil Kelitbangan nantinya dapat di manfaatkan sebagai rekomendasi dan masukan dalam perumusan kebijakan pembangunan daerah, serta perumusan kebijakan teknis bagi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

“Semoga rencana induk Kelitbangan Kabupaten Luwu Timur ini mampu untuk memberikan konstribusi yang positif dalam rangka mencapai visi Kabupaten Luwu Timur Terkemuka,” tutup Budiman.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini dihadiri oleh 35 undangan yang terdiri dari SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan hadir sebagai narasumber dari Bapelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Rajandra. (*)

Komentar