oleh

Ini 8 Jenis Pelanggaran Operasi Patuh 2020

MALILI, RADARLUWURAYA.com — Polres Luwu Timur secara resmi gelar Operasi Patuh 2020. Kegiatan ini diawali dengan apel gelar pasukan di Mapolres Luwu Timur, Kamis (23/7/2020).

Kepala Satuan lalu lintas (Kasatlantas) Polres Luwu Timur, Iptu Desy Ayu Dwi Putri menyebutkan, delapan poin yang menjadi fokus utama penindakan dalam operasi patuh 2020 yakni pengendara motor yang tidak memakai helm, pengemudi roda empat yang tidak menggunakan safety belt.

Selanjutnya pengemudi yang membawa Ran melebihi kecepatan, pengemudi kendaraan bermotor (ranmor) yang melawan arus, dan Pengemudi yang masih dibawah umur.

Selain itu, Pengemudi yang mabuk saat mengendarai ranmor, pengemudi yang menggunakan HP saat mengendarai kendaraan serta kendaraan yang menggunakan lampu Strobo, Rotator dan Sirine (yang bukan peruntukanya) termasuk pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan terjadinya Laka Lantas.

Dalam operasi patuh 2020, pengendara/pengemudi diimbau untuk senantiasa mempersiapkan perlengkapan dan Kelengkapan kendaraan, termasuk mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid 19 pada saat berkendara.

Selain itu, salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.

“Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas’’, tandas Iptu Desy sembari berlalu melanjutkan memeriksa salah satu kendaraan yang dihentikan untuk diperiksa.

“Jadilah pelopor keselamatan berlalu-lintas di jalan, dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan,” imbuhnya.

Untuk diketahui operasi patuh 2020 akan berlangsung mulai 23 Juli hingga 5 Agustus atau 14 hari kedepan.

Apel gelar Pasukan Ops Patuh Lipu-2020 di halaman Mako Polres Luwu Timur dipimpin langsung Inspektur Upacara (Irup) Bupati Luwu Timur Ir. H. Muhammad Thorig Husler . (rlr)

Komentar

News Feed