oleh

Kasus COVID-19 Meningkat, Bupati Lutra Minta Perketat PPKM Mikro

MASAMBA, RADARLUWURAYA.com – Kasus COVID-19 di Kabupaten Luwu Utara kembali bertambah. Hari ini, Minggu 4 Juli 2021, 12 warga Lutra terkonfirmasi positif COVID-19. Rinciannya, 9 orang dari Desa Pao Malangke Barat, dan 3 orang dari Desa Kapidi Mappedeceng. Penambahan 12 kasus per hari ini, menambah jumlah kasus aktif di Luwu Utara menjadi 45 orang.

Jumlah kasus COVID-19 yang hampir terjadi setiap hari membuat Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengambil langkah tegas dengan meminta seluruh jajarannya, terutama para Camat untuk memperketat PPKM mikro di setiap desa. Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah penularan yang lebih luas di tengah-tengah masyarakat.

“Para Camat saya minta perketat PPKM mikro, dan tolong laporkan setiap minggu,” tegas Indah. Penegasan lainnya, ia meminta agar penerapan protokol kesehatan tak bisa ditawar lagi. “Penegakan protokol kesehatan tidak dapat ditawar. Memakai masker dengan benar adalah salah satu upaya terbaik mencegah penularan,” tegasnya.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Lutra ini mengimbau seluruh Satgas COVID-19 di tiap kecamatan dan desa serta para relawan COVID-19 untuk memperketat pemberian izin keramaian. “Perketat pemberian izin keramaian dan pantan pelaksanaannya,” tegasnya lagi. Penegasan ini, kata dia, perlu dilakukan untuk kepentingan warga.

“Tolong masifkan sosialisasi protokol kesehatan dan penegakan aturannya, tak apa tegas untuk kepentingan warga,” tandasnya. Hal senada disampaikan Jubir Satgas COVID-19, Komang Krisna. Kata dia, PPKM mikro wajib dilakukan secara ketat untuk mengantisipasi agar warga yang terkonfirmasi positif tidak kontak dengan komunitas lainnya.

“Positivity rate kita terus mengalami kenaikan. Hari ini naik lagi menjadi 12%. Sementara Rt >1,” sebut Komang. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan ini mewanti-wanti kasus kembali melonjak jika prokes tetap diabaikan warga. “Kemungkinan akan bertambah, jika masih longgar protokol kesehatan,” tandasnya. (hms)

Komentar

News Feed