oleh

Luwu Utara Level 2 Assesmen Kemenkes, IDP: Adaptasi Kebiasaan Baru

Lutra, RadarLuwuRaya.com — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali merilis hasil assesmen situasi COVID-19 di sejumlah daerah di Indonesia per tanggal 17 September 2021. Hasil assesmen Kemenkes ini memberikan kabar baik bagi Kabupaten Luwu Utara. Di mana Luwu Utara kini masuk level 2 hasil assesmen situasi COVID-19.

Hasil assesmen Kemenkes ini menjadi gambaran bahwa penanganan COVID-19 di Luwu Utara berjalan on the track atau sesuai jalurnya, baik di hulu maupun di hilir. Meski begitu, situasi assesmen yang menunjukkan tren penurunan ini tak lantas mengendorkan protokol kesehatan, melainkan sebaliknya, tetap meningkatkan disiplin prokes.

Bupati Indah Putri Indriani terus mengingatkan warga untuk tidak melonggarkan disiplin prokes, meski situasi pandemi COVID-19 tengah menurun. “Tetap disiplin protokol kesehatan, adaptasi kebiasaan baru,” begitu Indah mengingatkan agar masyarakat untuk tetap patuh, sembari beraktivitas normal dengan tidak mengabaikan prokes COVID-19.

Terpisah, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Luwu Utara, Komang Krisna, menyebutkan bahwa peta zonasi penyebaran COVID-19 di Luwu Utara kini masuk zona kuning alias tingkat penyebaran rendah. “Zonasi Luwu Utara kuning dengan risiko rendah PPKM Level 2,” ucap Komang, Selasa (21/9/2021), di Masamba.

Komang mengatakan, untuk menurunkan kasus COVID-19, tidak ada jalan lain kecuali memasifkan kegiatan testing dan tracing terhadap kasus konfirmasi COVID-19. “Jika mau menurunkan kasus, maka testing dan tracing harus sejalan, sesuai target dan indikator, sehingga mampu memisahkan antara yang sehat dan sakit,” jelas dia.

“Pandemi mustahil bisa berhenti jika tanpa ada pemisahan antara yang sehat dan yang sakit,” pungkasnya. Sekadar diketahui, untuk kasus COVID-19 per tanggal 21 September 2021, tersisa 41 orang yang dirawat/isolasi dari total 3.338 kasus. Hasil ini berimbas pada menurunnya kasus di setiap kecamatan. Saat ini, tak ada lagi kecamatan zona merah dan oranye. Dari 15 kecamatan, 10 kecamatan zona kuning dan 5 kecamatan zona hijau. (Chiqa)

Komentar