oleh

Pemuda Muhammadiyah Palopo Gelar Diskusi Publik Bareng Bawaslu, Bahas Masalah Demokrasi

PALOPO, RADARLUWURAYA.com – Upaya memberikan pendidikan demokrasi dan kepemiluan kepada kaum muda, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Palopo bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Wara mengadakan diskusi publik, Jumat 3 September 2021 di EER Cafe yang berlokasi di markas besar kursus bahasa inggris Merah Putih Internasional Language School.

Diskusi Publik kali ini membicarakan ‘Pengawasan partisipatif Bawaslu di Masa Pandemi’ yang menghadirkan narasuber Koordinator Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Drs Saiful Jihad M Ag.

Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kota Palopo, Firman Patawari menyebutkan, diskusi ini merupakan tindaklanjut atas nota kesepahaman berupa Memoradum of Understanding (MoU) antara Pemuda Muhammadiyah Kota Palopo dan Bawaslu Kota Palopo beberapa waktu lalu.

“Kami berkomitmen untuk menjadi entitas kaum muda yang mengambil peran dalam pengawasan partisipatif,” jelas mantan Ketua Umum IMM Palopo 2010 ini.

Wakil Ketua Bidang Politik dan Kebangsaan PD Pemuda Muhammadiyah Kota Palopo, Riswan berharap, kegiatan ini dilakukan agar kader-kader muda Muhammadiyah yang ada di Kota Palopo tidak asing dengan proses demokrasi, pemilu ataupun pemilihan.

Dalam kesempatan ini, Koordinator Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Drs Saiful Jihad M Ag dalam pemaparan materinya menjelaskan, penguatan nilai-nilai demokrasi dalam masyarakat perlu dilakukan.

Hal itu kata dia, merupakan salah satu syarat utama mewujudkan demokrasi yang subtansial.

Dirinya menilai, edukasi demokrasi adalah tugas bersama. Sehingga sangat penting adanya keterlibatan semua elemen bangsa, sahabat-sahabat Pemuda Muhammadiyah, IMM, NA, serta organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan lainnya untuk bersama-sama dan bekerja sama melakukan penguatan nilai-nilai demokrasi yang sehat dan bermartabat.

“Bawaslu dan KPU sebagai penyelenggara Pemilu dan Pemilihan, tidak bisa bekerja sendiri, sehingga ruang ruang partisipasi masyarakat (publik) sangat diharapkan. Khusus untuk Bawaslu dan Pemuda Muhammadiyah Kota Palopo telah ada kesepakatan tertulis dalam bentuk MoU untuk bersama-sama mendorong penguatan nilai-nilai demokrasi dalam kegiatan yang bisa dirancang bersama,” urai Saiful Jihad.

Sementara itu Ketua PC Pemuda Muhammadiyah Wara, Ricky Gazali menyampaikan harapannya agar kegiatan yang serupa bisa secara berkesinambungan dilaksanakan dan melibatkan lebih banyak kelompok dan kaum muda yang ada di Palopo.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri tak kurang dari 30 peserta yang merupakan perwakilan dari PC Pemuda Muhammadiyah Se Kota Palopo, IMM, IPM dan Nasyiatul Aisyiyah Kota Palopo. (ALE/RLR)
)

Komentar

News Feed