oleh

PUPR Lutim Segera Evaluasi Proyek Irigasi di Towuti

MALILI, RADARLUWURAYA.com —Dinas PUPR segera lakukan evaluasi pembangunan proyek irigasi yang terletak di daerah persawahan Desa Timampu, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur setelah menuai protes warga.

Demikian diungkapkan PPK Dinas PUPR Kabupaten Luwu Timur, Tintin Sumarni ST, Senin (10/8/2021).

Pihaknya berencana akan menggelar rapat dengan pemerintah Desa dan masyarakat setempat dalam waktu dekat ini.

“Kami rencana rapat dengan pak Desa dan masyarakat hari Kamis 12 Agustus,” ungkapnya.

Menurutnya, jika elevasi jalan yang akan diikuti oleh irigasi maka top bangunan akan bergelombang. Sehingga top pasangan sebagian mengikuti level sawah dan mengikuti level bawah sawah.

Ia juga menjelaskan, irigasi induk tersebut terfokus untuk mengaliri sawah bagian ujung, bukan sawah yang dilalui oleh irigasi.

“Kalau elevasi jalan yang mau diikuti jadinya topnya bergelombang, tapi elevasi saluran yang diutamakan, kontur tanahnya bervariasi. Jadi top pasangan ada yang level sama dengan sawah ada yang dibawah saluran itu, yang diairi bukan sawah yang disamping tetapi yang mengaliri sawah yang diatasnya, tidak ada dalam perencanaan irigasi, tiap sawah dibuatkan pintu pengambilan,” urai Titin.

Untuk diketahui, proyek rehabilitasi jaringan irigasi tersebut menelan anggaran dengan pagu senilai Rp.10.104.903.050 (sepupuluh milyar seratus empat juta sembilan ratus tiga ribu lima puluh rupiah) yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Proyek ini dikelola oleh PT. Hijrah Bangun Nusantara. (*)

Komentar

News Feed