oleh

Ranperda Tatib Cawabup Lutim tak Diprioritaskan

* Kursi 02 Dipastikan Lama Lowong

MALILI, RADARLUWURAYA.com – Kursi Wakil Bupati Luwu Timur, dipastikan akan lama lowong hingga waktu yang tak ditentukan.

Pasalnya, rancangan peraturan daerah (Ranperda) terkait tata tertib (tatib) pengusungan atau pemilihan Calon Wakil Buptai Luwu Timur tidak masuk dalam badan musyawarah (Bamus) DPRD.

Hal itu diungkapkan langsung salah satu Anggota DPRD Lutim, Alfian Alwi, Selasa 13 Juli 2021 saat ditemui wartawan.

Menurut Alpian, karena ada empat Ranperda lainnya yang lebih diprioritaskan untuk dikerjakan.

“Kalau masuk lagi ranperda Tatib Wabub, jadi lima. Imbasnya, susah pembagian teman-teman di DPR. Padahal (keempat Ranperda) ini sama-sama penting dan prioritas, ada RPJMD, perangkat desa, penting semua ini,” sebut Alfian.

Hingga akhirnya, kata Alfian, DPRD Luwu Timur sepakat untuk mengulur Ranperda Tatib Cawabub di Bamus selanjutnya. Sehingga anggota di parlemen bisa fokus semuanya melakukan pebahasan di Bamus.

“Kita mau khususkan ini wakil bupati, kita mau (masukkan Ranperda ini) ke Bamus tanggal 30 (Juli) nanti. Saat itu kan tidak ada mi lagi Ranperda masuk, jadi bisa mi masuk Ranperda Tatib Pemilihan Wabub,” sambung Alpian.

Politisi Hanura ini menjelaskan, Ranperda Tatib Cawabup nantinya akan mengatur terkait pemilihannya.

Dimana Tatib tersebut akan digodok oleh Pansus yang nantinya akan dibentuk.

“Setelah teman-teman pansus bekerja, kemudian ditunjuklah panitia pemilihan. Nah panitia pemilihan inilah yang akan bekerja dengan berpedoman pada Tatib tersebut. Jadi Pansus hanya menyiapkan regulasi, nanti panitia yang melaksanakan,” jelasnya.

Untuk diketahui, yang berhak mengusung nama calon Wakil Bupati Luwu Timur nantinya adalah partai-partai pengusung Pemenang pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Husler-Budiman dalam pilkada serentak Desember 2020 kemarin.

Partai-partai tersebut akan memilih satu nama untuk disandingkan dengan Bupati Luwu Timur saat ini, Budiman. (*)

Komentar

News Feed