oleh

Sosialisasi Menu B2SA, Rahma: Ayo Manfaatkan Lahan Pekarangan

Lutra, RadarLuwuRaya.com — Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Utara, Rahma Nursaid, beserta Pengurus Pokja III TP PKK kabupaten mengunjungi  pemanfaatan lahan pekarangan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Arusu Kecamatan Malangke Barat Jumat (17/9/2021).

Selain memberikan arahan dan pembinaan, Ia bersama tim juga melakukan sosialisasi Menu B2SA.

Menurutnya, untuk menyajikan menu B2SA di meja makan setiap rumah tangga tidak membutuhkan biaya lebih.

“Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman atau B2SA ini bisa diwujudkan menjadi menu sehari-hari, di meja makan kita pastinya, kemungkinan besar dilakukan oleh kita, para ibu. Dengan aktifnya KWT terutama di Desa Arusu ini, memanfaatkan lahan pekarangan yang ditanami sayur-mayur kebutuhan sehari-hari, saya yakin menu B2SA bisa dihadirkan setiap saat untuk semua anggota keluarga kita tanpa keluar biaya lebih karena kita bisa produksi sendiri,” ungkap Rahma optimis.

Untuk itu, Istri Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur ini mengajak para ibu KWT yang juga adalah anggota PKK desa untuk secara berkelanjutan memanfaatkan lahan kosong di rumah masing-masing untuk ditanami atau dijadikan lahan ternak baik unggas maupun ikan meski dalam skala rumah tangga.

“Kuncinya konsistensi. Karena kita semua mau hidup sehat, makanan kita aman dari bahan kimia tertentu bukan hal sulit untuk kita selalu menanam aneka sayur, bisa juga ternak ayam atau ikan dalam skala kecil. Bahkan dengan adanya KWT, produksi bisa meningkat, bisa lebih dari sekadar kebutuhan rumah tangga masing-masing. Kita bisa dapat tambahan penghasilan dan tentunya mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan pangan rumah tangga,” terangnya.

Diketahui sebelumnya, Ny. Rahma Suaib Mansur dan pengurus TP PKK Kabupaten,  melakukan monitoring dan evaluasi program kerja PKK Tahun 2021 sekaligus bersilaturahmi kepada TP PKK kecamatan dan desa serta calon ketua TP PKK Desa terpilih di wilayah se-Kecamatan Malangke Barat. (Chiqa)

Komentar