oleh

STIA LAN Makassar Gelar Bimtek Kearsipan di Luwu Utara

* Komitmen Bupati pada Pengembangan SDM

MASAMBA, RADARLUWURAYA.com – Politeknik STIA LAN Makassar menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Pengelolaan Kearsipan di Kabupaten Luwu Utara. Bimtek yang dibuka langsung Bupati Luwu Utara ini akan digelar di dua lokus yaitu Kecamatan Sukamaju Selatan dan Tanalili. Dipilihnya Luwu Utara sebagai pusat kegiatan pengabdian masyarakat Politeknik STIA LAN karena pimpinan daerahnya dinilai memiliki komitmen dalam pengembangan sumber daya aparatur.

Ketua Tim Bimtek Kearsipan Politeknik STIA LAN, Prof. Dr. Muhammad Basri, mengungkapkan bahwa komitmen Bupati dalam pengembangan sumber daya aparatur sangat tinggi. Terbukti, kata dia, banyaknya ASN yang melanjutkan pendidikan S2 di beberapa perguruan tinggi. “Luwu Utara memiliki kelebihan, yaitu komitmen Bupatinya dalam pengembangan sumber daya aparatur. Nah, daerah yang maju adalah yang mau menggalakkan pengembangan sumber daya aparatur, dan itu adalah Luwu Utara,” kata Prof Basri dalam pembukaan Bimtek yang digelar di Aula Bappeda, Kamis (17/6/2021).

Terkait Bimtek Kearsipan, Prof Basri mengatakan bahwa forum terdepan dalam pemberian layanan kearsipan ada di kecamatan. “Ada hal kecil yang perlu kami galakkan di sini, yaitu masalah arsip, dan forum terdepan dalam pelayanan ini ada di level kecamatan. Itulah kenapa kami fokuskan Bimtek ini di Kecamatan Tanalili dan Sukamaju Selatan,” jelas Basri.

Menurut dia, Bimtek Kearsipan adalah penting bagi seluruh arsiparis yang ada di kecamatan dan desa. Untuk itu pembekalan teknis menjadi wajib untuk diketahui, agar para arsiparis ini bisa menata dan mengelola arsip dengan baik dan benar. “Kalau di forum terdepan ini salah dalam mengatur arsip, maka akan menimbulkan masalah yang membuat pelayanan menjadi terhambat. Untuk itu, pembekakan ini menjadi sangat penting,” jelas dia.

Sementara Bupati Indah Putri Indriani dalam sambutannya mengapresiasi Politeknik STIA LAN karena memilih Luwu Utara sebagai lokus kegiatan pengabdian masyarakat. “Kami berterima kasih kepada Politeknik STIA LAN karena memilih Luwu Utara untuk kegiatan pengembangan sumber daya aparatur. Pengembangan sumber daya aparatur ini ada di misi pertama kami di RPJMD, yaitu terkait pengembangan sumber daya manusia,” terang Indah.

Kebetulan juga, kata dia, rencana aksi yang tengah disusun juga terkait di sektor pengembangan SDM, sehingga menjadi momentum tepat bagi STIA LAN melakukan Bimtek Kearsipan di Lutra. “Kami senang dengan peran serta Politeknik STIA LAN karena menjadi salah satu “booster” bagi kami untuk menyelesaikan isu-isu strategis dalam rencana aksi yang sedang kami susun, salah satunya terkait pengembangan SDM. Sekali lagi kami berterima kasih,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Tim Bimtek Kearsipan Politeknik STIA LAN yang hadir adalah Dr. Frida Khairunnisa (Ketua Prodi Administrasi Pembangunan Negara Politeknik STIA LAN Makassar), Dr. Halim (Kepala Penjaminan Mutu Politeknik STIA LAN), Dr. Syarif Ahmad (Ketua Senat Politeknik STIA LAN), Dr. Wahyu Nurdiansyah (Dosen Politeknik STIA LAN), dan Dr. Ayu Anggraeni (Dosen Politeknik STIA LAN). Adapun yang menjadi pemateri adalah Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Luwu Utara, Maharuddin. (LH/HMS)

Komentar

News Feed