oleh

Tebing Sungai Masamba Terus Terkikis, Wabup Instruksikan Segera Lakukan Normalisasi

MASAMBA, RADARLUWURAYA.com – Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, meninjau tebing sungai di sepanjang aliran sungai Masamba di Dusun Lumi Desa Laba Kecamatan Masamba yang terus terkikis akibat luapan sungai pascabanjir bandang tahun lalu, Jumat (28/5/2021).

Kondisi aliran sungai Masamba di sepanjang aliran sungai tersebut memang terlihat tidak stabil alias berbelok-belok, sehingga perlu penanganan yang lebih cepat untuk menghindari terjadinya banjir dan genangan air sungai yang lebih parah.

Wabup Suaib akan segera menurunkan alat berat milik Dinas PUPR untuk melakukan normalisasi sungai terlebih dahulu. “Sebagai penahan jangka pendek, terlebih dahulu kita akan menurunkan alat berat untuk melakukan normalisasi sungai,” kata Suaib.

Selain normalisasi dengan melakukan pelebaran badan sungai dan pengerukan dasar sungai, juga akan dilakukan pembenahan aliran sungai yang berkelok-kelok, sehingga bisa memberikan rasa nyaman kepada warga yang tinggal di sekitar lokasi tersebut.

“Kita minta pemerintah desa dan kecamatan agar segera melakukan sosialisasi terlebih dahulu, terkait lahan yang akan dinormalisasi, sehingga nantinya waga bisa menerima pekerjaan normalisasi sungai yang dilakukan,” jelas mantan Kadis PUPR ini.

Normalisasi tersebut bagian dari penanganan jangka pendek. Untuk jangka panjangnya, kata Suaib, pemda akan memasang bronjong dan kreeb. “Untuk penanganan jangka panjang, kita akan memasang bronjong dan kreeb,” jelasnya. Ikut mendampingi Wabup, Plt. Kabid Pengairan, Sekdes Laba dan Kadus Lumi. (hms)

Komentar

News Feed