oleh

Wakil Ketua DPRD: 11 Isu Strategis Berkah Bagi Luwu Timur

LUTIM, RADARLUWURAYA.com – Wakil Ketua I DPRD Lutim Muh. Siddiq BM mengatakan pertemuan antara Tim Pemerintah Luwu Timur, DPRD Lutim dan PT Vale terkait evaluasi rencana aksi dari 11 isu strategis Insa Allah akan membawa berkah buat Lutim.

Demikian disampaikannya saat menghadiri pertemuan Segitiga Antara Pemda Lutim, PT Vale dan DPRD Lutim, di Aula Rumah Jabatan Bupati Lutim, Kamis ( 23/09/2021 ) .

Menurut Siddiq, setelah Bupati Lutim menyampaikan suratnya kepada PT Vale, DPRD Lutim juga membuat Pansus terkait 11 Isu Strategis ini, tindak.lanjutnya Pansus sudah melakukan konsultasi kesejumlah tim ahli .

“Kami juga mencermati bahwa surat yang disampaikan Bupati Lutim kepada PT Vale ini sudah terpublis secara luas, dan mendapat tanggapan beragam dari masyarakat.

Olehnya itu sebagai Wakil Rakyat di DPRD, apa yang dipersoalkan bupati ini sungguh -sungguh menjadi perhatian PT Vale Indonesia.

Lanjut Siddiq, dari 11 Isu ini dua diantaranya tidak bisa kita bahas di Luwu Timur. Yaitu mengenai Divestasi Saham dan persoalan Pembangkit Listrik yang bersumber dari Dam PT Vale. Karena itu kewenangan Pemerintah Republik Indonesia.

Selebihnya itu sudah berjalan pembahasannya. Dan sudah pula di paparkan secara gamblang oleh tim kerja dari PT Vale.

Secara umum hasil pemaparan tersebut sangat bagus, hanya beberapa saja perlu penyempurnaan, seperti program beasiswa berprestasi, di situ digambarkan untuk S1 setiap bulan Rp 1 Juta, Strata 2 , Rp 2 Juta Perbulan dan strata 3 Rp 4 Juta Perbulan.

” Ini masih ingin di perbaiki karena tidak merincikan untuk membiayai kebutuhan apa saja , kemudian besaran nilainya apakah masih bisa berubah, jadi ini masih ingin kita perbaiki bersama. ” Terang Siddiq .

Demikian juga terkait program Pengembangan Talenta internal perusahaan untuk anak Luwu Timur yang dipersiapkan untuk dipromosikan. ” Kita belum mendapatkan nama karena baru sebatas angka, ini juga yang mau di sempurnakan. ” Ungkap Siddiq.

Yang menarik dari pembahasan tersebut program Taman Raya Sorowako, disitu ada Recration and Culture , Botanical Garden dan Zoo Logical Garden.

Ini sudah dijadwalkan PT Vale untuk Peletakan Batu Pertamanya di Awal Tahun 2022. Menandakan program ini sudah siap dilaksanakan. Siddiq juga menyampaikan dimasyarakat, terkait 11 isu ini banyak juga yang meragukan ini akan terealisasi, karena banyak yang fesimis dengan kesungguhan PT Vale .

Sebagai Wakil Rakyat saya sampaikan , berikan dulu kesempatan pada Pak Bupati dan PT Vale membicarakan hal ini dengan baik. Karena Vale sekarang bukan seperti yang dulu. ” Harapan kita dari 11 isu ini bisa berdampak positif bagi daerah ini untuk kemajuan daerah dan masyarakat Luwu Timur.” Tutup Siddiq.  (*)

Komentar

News Feed