oleh

Wisatawan Wajib Berkunjung ke Taipa Pesisir Matano

* Panorama Indah Bakal Manjakan Pengunjung

LUWU TIMUR, RADARLUWURAYA.com – Bagi wisatawan yang sedang mencari lokasi wisata dengan suasana alam yang asri, Kampung Taipa di pesisir Danau Matano, Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, bisa jadi pilihan.

Kampung ini terletak persis di pesisir Danau Matano. Suasana alam di sekitar lokasi masih sangat terjaga dengan pepohonan yang rimbun. Pengunjung pun bisa menikmati sejuknya air Danau Matano.

Di lokasi wisata, pengelola membangun beberapa vila bagi pengunjung untuk menginap. Ada juga beberapa titik yang disiapkan pengelola untuk pengunjung membangun tenda.

“Di Kampung Taipa juga kami siapkan lantai-lantai khusus tamu yang ingin memasang tenda camping,” jelas Kasi Pengembangan Pariwisata Luwu Timur, Hendro, baru-baru ini.

Selain menawarkan panorama danau yang menawan, di tempat ini juga pengunjung dapat menikmati kesejukan hutan yang asri. Banyaknya pepohonan menjadi tempat berbagai jenis burung dan kupu-kupu berkeliaran.

Hal senada juga diungkapkan Kades Sorowako, Jihadin Peruge, lokasi wisata ini sudah dibuka sejak tiga bulan lalu. Hanya saja saat ini, pengunjung dibatasi maksimal 30 orang. Ia menyampaikan, Kampung Taipa adalah area privat bagi tamu.

“Paket wisata khusus 3 hari 2 malam akan mengajak tamu berkunjung ke Kampung Matano, kali dingin dan pulau,” kata dia.

Menurutnya, Kampung Taipa merupakan Kampung Tua. Wilayah ini dahulu dihuni Suku To Taipa. Nantinya, di wilayah tersebut juga akan dibangun museum.

“Museum Taipa akan mengoleksi benda-benda sejarah hasil temuan di dasar Danau Matano,” kata dia.

Kampung Taipa berada kurang lebih 6 kilometer dari pelabuhan Desa Sorowako. Pelancong dapat mengakses Kampung Taipa dengan menggunakan transportasi air. (*)

Komentar

News Feed