oleh

Akibat Aktivitas Galian Tambang Disungai Makawa, Rumah Warga Terancam Roboh

RADARLUWURAYA.com – Salah satu rumah warga yang berada di bantaran Aliran Sungai Makawa nyaris roboh. Rumah ini terletak sekitar 500 meter tak jauh dari jembatan Makawa, Jalan Trans Sulawesi, Desa Bolong, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Dahulunya rumah ini cukup jauh dari bibir sungai, namun sekarang Sudah berada diatas sungai. Sehingga pemilik rumah sangat khawatir dengan kondisi rumahnya yang berada diatas sungai tersebut.

Demikian diungkapkan salah satu warga setempat kepada Radarluwuraya.com yang enggan namanya di publis, Rabu (20/2).

“Semoga pemerintah setempat bisa memberikan solusi terkait Akan hal itu,” tuturnya.

Hal ini terjadi kata dia, tak terlepas dari tingginya aktivitas perusahaan tambang galian yang terus beroperasi di seputaran wilayah itu.

Untuk itu, sejumlah warga berharap pemerintah turun tangan memberikan solusi terkait persoalan tersebut, bahkan masyarakat meminta pemerintah setempat menertibkan perusahaan tersebut.

“Ini akibat aktivitas dua perusahaan besar tambang galian yang berada di aliran Sungai Makawa selalu melakukan aktivitas pengerukan. Mohon ditertipkan,” harapnya.

Lebih jauh disebutkannya, tak hanya rumah warga di Desa Bolong tersebut yang terancam roboh, bahkan sejumlah Desa diwilayah itu khawatir dengan kondisi saat ini seperti Desa Bosso Timur, Kelurahan Bosso, termasuk Jembatan Makawa terancam roboh.

“Jangan tunggu korban baru bertindak, lebih baik mencegah daripada mengobati,” pungkasnya. (Al)

Komentar

News Feed