oleh

Anggota DPRD Lutim Bersama Pengurus Pramuka Ziarah di Makam Mendiang Thorig Husler

MALILI, RADARLUWURAYA.com — Bertepatan di Hari Ulang Tahun (HUT) gerakan kepanduan Pramuka yang ke-60, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Luwu Timur ziarah ke makam mendiang mantan Bupati HM Thorig Husler, Sabtu (14/8/2021) akhir pekan kemarin.

Sebelum ziarah, Kwarcab Kabupaten Luwu Timur mengikuti rangkaian acara HUT Pramuka ke-60 secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Meski dalam suasana Pandemi Covid-19 masih melanda Negeri ini, Pramuka Luwu Timuri tetap bertekad untuk terus Berbakti tanpa henti dan mengibarkan Panji-panji Pramuka di Bumi Batara guru sekaligus menebar segala kebaikan untuk kemaslahatan bersama,” kata salah satu pengurus Kwarcab Pramuka Luwu Timur, Sarkawi Hamid yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur.

Sekedar tambahan, 60 Tahun yang lalu tepatnya 14 Agustus 1961 melalui keputusan presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun1961, Gerakan pramuka resmi di tetapkan.

Gerakan Pramuka merupakan satu-satunya organisasi kepanduan yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia.

Saat itu pula dilakukan pelantikan pengurus Gerakan Pramuka Indonesia serta penganugerahan panji-panji pramuka kepada Bapak Pramuka Indonesia yang sekaligus sebagai ketua Kwartir Nasional Pertama yaitu Sri Sultan Hemengkubowono IX.

“Itulah tonggak sejarah yang kemudian sebagai cikal bakal hari lahir Gerakan Pramuka di Indonesia,” imbuh Sarkawi.

Dalam peringatan HUT Pramuka ke-60 di Kabupaten Luwu Timur menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (rlr)

Komentar

News Feed