oleh

Bupati Luwu Timur Minta APBD 2021 Prioritaskan Kebutuhan Masyarakat

LUTIM, RADARLUWURAYA.com – Bupati Luwu Timur, Budiman, berharap rancangan perubahan Anggaran Pokok Belanja Daerah (APBD) 2021 dapat mengakomodir prioritas kebutuhan masyarakat. Hal ini katanya, juga harus didasarkan pada kemampuan daerah .

Untuk itu, dia meminta pelaksanaan belanja daerah mengedepankan kedisiplinan, efektif, efisien dan ekonomis.

Hal itu dikatakan Budiman, saat menyampaikan pendapat akhir kepala daerah terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranpenda) APBD Perubahan, dalam rapat paripurna, di ruang rapat paripurna DPRD Luwu Timur, Rabu (22/09/2021) .

“Kita berharap Rancangan Perubahan APBD 2021 dapat mengakomodir prioritas kebutuhan masyarakat berdasarkan kemampuan daerah,” katanya.

Budiman menjelaskan, realisasi tingkat pendapatan daerah dalam memasuki akhir triwulan ketiga serta ketidakpastian ekonomi nasional yang berpengaruh pada pendapatan transfer .

“Hal tersebut menuntun kita untuk menyusun perubahan anggaran lebih selektif, yang berpihak pada kepentingan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Luwu Timur,” jelasnya.

“Saya ingatkan pada seluruh OPD pengelolaan pendapatan untuk fokus dalam target pendapatan yang telah ditetapkan, sehingga rancangan pendapatan yang kita tetapkan dapat berkesesuaian dengan pelaksanaan pembangunan daerah yang kita rencanakan,” tegas Budiman.

Tidak hanya itu, Budiman juga menyampaikan terimah kasihnya kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur.

“Terimakasih atas saran dan pendapat yang konstruktif dan kerjasama kemitraan yang baik sehingga Rancangan Perubahan APBD 2021 dapat disetujui bersama sesuai jadwal yang telah kita sepakati,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, walaupun saat ini kasus Covid-19 di Luwu Timur tengah melandai.

Budiman juga meminta Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Luwu Timur, untuk melakukan vaksinasi secara masive, demi menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

“Tadi saya sudah arahkan untuk melakukan Vaksin setiap hari perdesa 100 vaksin. Ini sekenario kita untuk turun ke level 2 mudah–mudahan vaksin yang ada 20000 ini bisa kita selesaikan dalam Waktu 3 hari,” pintanya.

“Karena kalau mau turun level 2 paling tidak harus 50 persen masyarakat kita sudah divaksin. Kalau mau turun ke Level 1, 40 persen Lansia yang kita vaksin,” tambahnya.

Selanjutnya Bupati Lutim bersama Wakil Ketua II DPRD Lutim Usman Sadik melakukan penandatanganan Persetujuan Bersama Perubahan APBD Anggaran 2021. Paripurna ini dipimpin Wakil Ketua I DPRD Lutim Muh. Siddiq BM, dihadiri separuh Anggota DPRD Lutim dan Sejumlah Kepala OPD. (*)

Komentar

News Feed