oleh

26 November Ditetapkan sebagai Hari Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien

RADARLUWURAYA.com – Setiap tanggal 26 November 2018 dan di tahun berikutnya akan diperingati sebagai Hari Peningkatan Mutu Pelayanan dan Keselamatan Pasien. Hal tersebut sesuai pencanangan yang dilakukan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menerima Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) di RSUD Andi Djemma Masamba, Senin (26/11) yang berlangsung di Aula RSUD.

Deklarasi/pencanangan tersebut ditandatangani langsung orang nomor satu di Luwu Utara dan disaksikan oleh peserta yang hadir pada giat Survei Akreditasi.

Seperti diketahui saat ini RSUD Andi Djemma Masamba yang dibangun pada tahun 1988 itu sedang menghadapi penilaian akreditasi menuju SNARS Jilid I.

“Akreditasi bukan hanya simbol, tapi hakekatnya adalah mutu dan keselamatan pasien. Akreditasi sudah dipersiapkan sejak dulu hingga tahun 2018 ini kita siapkan 16 Pokja untuk mensukseskan akreditasi SNARS Jilid I,” kata Direktur RSUD Andi Djemma Masamba, dr.Hariadi.

Pihaknya juga menegaskan akan mengimplementasikan semua regulasi yang ada. “Kami sadar di dalam persiapan masih banyak kekurangan tapi kami sangat mengharapkan bahwa survei kali ini tidak hanya status namun berujung pada pengembangan terutama mutu pelayanan dan keselamatan pasien,” tuturnya.

Sementara Indah Putri menuturkan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien adalah hal utama. “Pemberi layanan harus memahami regulasi, sehingga SOP itu diwajibkan pada setiap kegiatan. Sekali lagi bahwa tidak mudah memberikan pelayanan yang memuaskan pada masyarakat, bangun kepercayaan sebab akreditasi ini adalah langkah awal,” ucapnya.

Sekadar diketahui, menurut Ketua Tim KARS, dr. Sardjana, baru Luwu Utara yang mencanangkan Hari Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien. (*)

Komentar