oleh

6 Fraksi Setujui KUA PPAS APBD-P 2018

RADARLUWURAYA.com – Rapat Paripurna DPRD Kota Palopo digelar dalam rangka mendengarkan pandangan fraksi-fraksi terhadap laporan hasil pembahasan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Palopo, tentang Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) perubahan APBD Kota Palopo Tahun Anggaran 2018, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Palopo, Jumat (31/08/18).

Enam fraksi di DPRD yakni fraksi PDIP, fraksi partai Golkar, fraksi partai Demokrat, fraksi Partai Gerindra, fraksi Partai Gabungan dan fraksi Partai PKB menerima dan menyetujui konsep kesepakatan antara DPRD dan Pemerintah kota Palopo atas laporan hasil pembahasan Banggar DPRD Kota Palopo tentang KUA-PPAS tersebut.

BACA JUGA : DPR Aceh Berguru Perda Penanganan Kekerasan Perempuan dan Anak ke DPRD Sulsel

Pada nota kesepakatan laporan yang dibacakan Sekretaris Dewan, disebutkan bahwa rangka penyusunan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD), diperlukan kebijakan umum perubahan APBD yang disepakati bersama antara DPRD Kota Palopo dengan Pemerintah Kota Palopo, untuk selanjutnya dijadikan sebagai dasar penyusunan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD Kota Palopo Tahun anggaran 2018.

”Berdasarkan hal tersebut, para pihak sepakat terhadap Kebijakan Umum Perubahan APBD yang meliputi perubahan asumsi-asumsi dasar dalam penyusunan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) tahun anggaran 2018, perubahan kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah yang menjadi dasar dalam penyusunan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD Kota Palopo Tahun anggaran 2018,” ucap Sekwan membacakan nota kesepakatan.

BACA JUGA : Kembangkan Perekonomian Masyarakat, 124 Desa di Luwu Timur Miliki BUMDes

Pada kesempatan tersebut, Pj Walikota Palopo Andi Arwin Azis S.STP menyampaikan bahwa menyimak lebih jauh dinamika yang berkembang dalam pembahasan rancangan kebijakan umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD perubahan tahun anggaran 2018 sehingga sampai pada penetapannya hari ini.

”Saya menilai bahwa kebersamaan dan komitmen selama ini terbangun dengan baik antara pemerintah kota palopo dengan Dprd kota palopo terhadap hal substantif yang termuat di dalamnya dalam pemenuhan visi, misi pemerintah serta beberapa agenda pokok nasional yang menjadi isu strategi,” ucapnya.

BACA JUGA : Gas 3 Kg Langka, Wabup Luwu Timur Perintahkan Satpol PP Awasi Agen Elpiji

Perkiraan besaran target pendapatan daerah pada T.A 2018 mengalami peningkatan sebesar Rp.10,76 Milyar atau sebesar 7,42% dari APBD pokok Rp.145,21 Milyar sehingga menjadi sebesar Rp155,98 Miliar pada perubahan APBD, hal ini ditentukan setelah memperhitungkan beberapa pendapatan yang bersumber dari BLUD RSUD, JKN Puskesmas, Peningkatan beberapa target retrebusi perangkat Daerah, penerimaan bantuan keuangan dari provensi, pengelolaan kekayaan daerah serta bagi hasil pajak.

BACA JUGA : Kasus Penganiayaan Tertinggi di Polres Palopo, Ini Penyebabnya…

Tampak hadir dari Pemkot Palopo mewakili Pj. Walikota Palopo, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H. Jamaluddin SH., MH., Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Taufik, Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat, DR.H. Muh. Suyuti Yusuf M.Si, Pimpinan OPD se-Kota Palopo, para Anggota Dewan, Pejabat lingkup Pemerintah Kota Palopo, Camat dan Lurah. (hadi)

Komentar