oleh

Bawaslu Luwu Utara Ajak Masyarakat Awasi Pelaksanaan Pemilu 2019

RADARLUWURAYA.com – Guna memaksimalkan fungsi penyelenggaraan dan pengawasan Tahapan Pemilu 2019, Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan dan Bawaslu Luwu Utara melaksanakan sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019, di Hotel Remaja Indah Jumat (28/9/2018).

Sosialisasi partisipatif ini dilakukan sebagai salah satu wujud dari tujuan kelembagaan Bawaslu untuk melibatkan masyarakat dalam pengawasan parsitipatif.

Acara tersebut dihadiri Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), partai politik dan media massa.

Ketua Bawaslu Luwu Utara melalui Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Ibrahim Umar mengatakan sosialisasi ini penting dilakukan dengan keterlibatan semua elemen masyarakat untuk mengawasi pemilu 2019 dengan baik.

”Sosialisasi ini memang sengaja dikhususkan untuk OMS, parpol dan media massa agar nantinya bisa memahami apa sebenarnya fungsi Bawaslu serta tugas-tugasnya dalam pemilu tahun 2019 mendatang,” ujarnya ke awak media.

Lanjut ia katakan bahwa dengan adanya keterlibatan OMS, parpol maupun media massa, pengawasan pemilu nantinya bisa dilakukan secara objektif.

Intinya, Bawaslu bertugas untuk mengawasi seluruh permasalahan terhadap pelanggaran dalam pemilu tahun 2019 nanti.

“Kalau ada pelanggaran atau persoalan ditemukan pada pelaksanaan pemilu nantinya, di situlah kami harapkan kerjasamanya dari OMS, parpol maupun media massa untuk memberikan laporan,” tutupnya.

Turut bertugas sebagai narasumber Kepala Kesbangpol Luwu Utara Enyon S.Sos, Dewan Penasehat Lembaga Advokasi Pendidikan Anak Rakyat (Lapar) Prov Sulsel Abd Karim, Kordiv Sengketa Bawaslu Sulsel Asriadi SE serta Komisioner Bawaslu Provinsi Sulsel Amrayadi SH.(Arwin)

Komentar