oleh

BPJS Ketenagakerjaan Sasar Pedagang di Terminal

RADARLUWURAYA.com, PALOPO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi di Terminal Dangerakko Kota Palopo. Sosialisasi dilakukan kepada supir, pedagang dan tukang ojek yang ada di terminal untuk menyampaikan manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Melalui rilisnya, Senin (15/7/2019), Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Hendrayanto menyampaikan sosialisasi ini untuk menyampaikan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada para sopir, pedagang dan tukang ojek dan seluruh pengunjung terminal.

“Sopir, pedagang, tukang ojek wajib mendapat perlindungan karena mereka adalah pekerja yang rentan terkena resiko akibat kerja dan mereka adalah tulang punggung keluarga,” katanya.

Hendrayanto berharap dengan turun langsung ke lapangan para pekerja bisa langsung mendaftar.

“Atau setelah tahu manfaat BPJS Ketenagakerjaan nanti bisa datang kekantor kami yang ada di Binturu,”harapnya.

Jika mendaftar, sopir, pedagang dan tukang ojek akan terlindungi dua program yaitu program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan program Jaminan Kematian (JKm) dengan hanya membayar iuran sebesar Rp 16 ribu per bulan dan bila para pekerja menambahkan satu program lagi yaitu Jaminan Hari Tua (JHT) maka iurannya sebesar Rp 36.800.

Manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja memberikan manfaat layanan antara lain biaya transportasi dari lokasi kecelakaan kerja ke rumah sakit, pengobatan di PLKK sampai dengan sembuh, santunan sementara tidak mampu bekerja, santunan cacat hingga 56 kali gaji terlapor.

Selain itu juga ada santunan kematian akibat kecelakaan kerja hingga 48 kali gaji terlapor dan beasiswa bagi satu orang anak dari peserta yang meninggal dunia karena kecelakaan kerja.

Manfaat Jaminan kematian berupa santunan sebesar Rp 24 juta serta beasiswa untuk 1 orang anak sebesar Rp12 juta. Manfaat JHT adalah berupa uang tunai yang besarnya merupakan nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya, yang dibayarkan secara sekaligus. (*/Tad)

Komentar