oleh

CPNS Minim Lolos Seleksi, Kemenpan-RB Tunggu Kajian Panselnas

RADARLUWURAYA – Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) belum menentukan opsi kebijakan pasca merosotnya jumlah peserta yang lolos dari tahap seleksi kompetensi dasar (SKD).

Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Mudzakir, mengaku pihaknya juga masih menunggu hasil kajian panselnas.

“Saat ini belum ada keputusan opsi apa yang digunakan. Ini msih dibahas,” ujarnya kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Senin, (19/11).

BACA JUGA : Hanya 25 Pendaftar CPNS Palopo Yang Lulus Tes SKD

Mudzakir pun berharap panselnas segera bisa mengambil keputusan. Sebab, kelanjutan tes berikutnya menunggu kebijakan baru dan opsi yang akan digunakan. “Mudah-mudahan tidak terlalu lama. Karena tahapan tes ini masih berlangsung,” ucapnya.

Diketahui, tes SKD Cpns berpolemik lantaran standar passing grade yang ditetapkan membuat rata-rata kelulusan jauh dari dari target. Bahkan tak memenuhi kuota yang diinginkan. Mudzakir mengatakan, persoalan itu kini disikapi dengan mempertimbangkan banyak faktor. “Apapun opsi yang digunakan, intinya acuanya adalah tak mengurangi kualitas aparatur sipil negara (ASN) dan kebutuhan pengisian formasinya juga diperhatikan,” katanya.

BACA JUGA :Ini Jumlah Peserta CPNS Luwu Utara yang Dinyatakan Lulus Tes SKD

Sementara itu, Anggota Komisi II DPR RI, Azikin Solthan berharap pemerintah tak lamban dalam mengambil keputusan. Kelanjutan tes CPNS harus segera diumumkan.

“Jangan membuat peserta terlalu lama menunggu. Mereka juga yang tak lulus lantaran pssing grade tak memenuhi target juga pasti menunggu opsi apa yang dipake,” ungkapnya.

Kata dia, persoalan passing grade harus menjadi bahan pembelajaran. Beratnya standar nilai yang ditetapkan mestinya harus dikaji secara mendalam sebelum tes digelar. (fin)

Komentar