oleh

Diduga Terpapar Corona, Seorang Warga Angkona Diisolasi

RADARLUWURAYA.com — Salah satu warga Desa Lamaeto, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan dikabarkan harus diisolasi di Puskesmas Angkona. Hal ini berawal saat warga tersebut datang ke Puskesmas dengan keluhan sakit ditenggorokan, batuk dan demam tinggi.

Demikian diungkapkan Kepala Puskesmas Angkona, Jumardi saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (19/3/2020) kemarin. Dikatakannya, warga tersebut telah di isolasi.

“Sekarang kita isolasi di Puskesmas, rencananya hari ini juga kita rujuk ke RS I Lagaligo Wotu, kita masih tunggu kendaraan khusus untuk merujuk,” jelas Jumardi.

Selain itu, dari keterangan Tim Medis setelah melakukan introgasi kepada pasien kata dia, pasien mengaku beberapa waktu lalu pernah berinteraksi (bertemu) dengan warga Negara asing yang berasal dari Italia.

“Pasien datang ke Puskesmas dengan keluhan demam tinggi, batuk dan sakit tenggorokan, saat ditanya, pasien mengaku sudah bertemu dengan warga Italia baru-baru ini,” ungkap Jumardi.

Untuk memastikan kesehatan pasien apakah terinfeksi Corona, lanjut Jumardi, tentunya harus melalui prosedur pemeriksaan secara detail. Tujuan rujukan tersebut kata dia, untuk memastikan keadaan pasien.

“Kami tidak bisa mengatakan kalau pasien positif corona atau tidak, nanti yang menentukan hasil pemeriksaan di RS I Lagaligo, makanya hari ini harus kita rujuk, kalau untuk gejala-gejala yang saat ini dialami sama dengan gejala Corona, tapi sekali lagi itu semua harus melalui proses,” sambung Jumardi.

Ditempat yang sama, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Luwu Timur (dr. Rosmini) mengimbau agar masyarakat tidak panik. Pihaknya juga tengah berupaya untuk memfasilitasi rujukan pasien yang dimaksud.

“Untuk masyarakat, waspada boleh tapi jangan panik dengan adanya virus ini. Untuk pasien yang disebutkan tadi kita upayakan fasilitasi untuk rujukan ke RS I Lagaligo,” imbau dr. Rosmini. (Rif)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *