oleh

Dinilai Tidak Rasional, Anggota DPRD Lutim Sebut Pupuk Gratis Belum Bisa Diterapkan

LUTIM, RADARLUWURAYA – Penyediaan pupuk gratis sangat tidak rasional dilakukan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur. Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Luwu Timur Rully Heryawan saat mendampingi calon Bupati Luwu Timur nomor urut satu, HM Thoriq Husler dalam kampanye dialogis di Desa Manunggal, Kecamatan Tomoni Timur, Selasa (20/10/2020) sore.

Legislator partai Hanura itu menjelaskan kemampuan APBD Luwu Timur tidak mampu menanggung pupuk gratis bagi warga. Kalaupun dipaksakan, akan menggangu pembangunan di sektor lain.

“Itu sangat tidak rasional. Yang harus dilakukan ialah menjamin ketersediaan pupuk di masyarakat dan menambah kuota pupuk subsidi untuk Luwu Timur,” ungkap Rully di hadapan masyarakat yang hadir dalam kampanye dialogis itu.

Hal senada dikatakan HM Thoriq Husler. Birokrat senior itu mengatakan daripada APBD dihabiskan untuk menyediakan pupuk gratis, lebih baik APBD itu dialihkan ke sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

“Jika pupuk digratiskan, kuota untuk beasiswa, seragam sekolah gratis, dan kesehatan bisa hilang. Untuk itu, lebih baik menjamin ketersediaan pupuk dan menambah kuota pupuk subsidi. Sebab, petani kita punya uang untuk beli pupuk, namun pupuknya yang biasa tidak ada,” ujar Husler.

Husler menambahkan, salah satu program kerja yang diprioritaskan ialah satu kamar satu pasien. Ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan terhadap warga.

Selain itu, Pemkab Luwu Timur bakal mengratiskan semua obat di apotik di luar Rumah Sakit. “Tidak sampai disitu, pasien yang sudah sembuh, akan diantar secara gratis. Itu semua kami lakukan demi kenyamanan warga Lutim,” pungkasnya. (*)

Komentar