oleh

Disdagkop Fokus Tingkatkan SDM Pelaku Wirausaha di Luwu Timur

RADARLUWURAYA.com – Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop) Kabupaten Luwu Timur terus berupaya meningkatkan kompetensi para pelaku wirausaha di wilayahnya tersebut. Itu melalui pelatihan kewirausahaan yang berlangsung di Aula Hotel I LagaLigo Malili, Kabupaten Luwu Timur, Rabu (12/09/2018).

Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, Budiman, saat mewakili bupati membuka pelatihan tersebut, mengatakan, perkembangan kewirausahaan belum menunjukkan hasil yang diharapkan.

Salah satu faktornya disebabkan karena kualitas SDM pengelola, termasuk persoalan pemasaran yang juga menjadi kendala.

“Pelatihan ini harus dimanfaatkan dengan baik, saya minta dinas terkait agar dievaluasi secara berkala hasil dari pelatihan ini sehingga diketahui dampak dari pelatihan ini,” kata Budiman.

Menurutnya, perhatian pemerintah terhadap upaya pengembangan kewirausahaan hendaknya dimaknai positif. Namun, penting menjadi perhatian bahwa keberhasilan pembinaan pelaku UKM tidak lantas menjadi tanggungjawab pemerintah semata.

“Akan tetapi dibutuhkan langkah stategis dan dukungan dari semua komponen terkait termasuk pelaku UKM itu sendiri,” ucapnya.

Senadah juga diungkapkan oleh Sekertaris Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Rosdiati. Kata dia, pembinaan dari pelatihan ini dimulai dari manajemen, pengelolaan usaha, hingga pemasaran.

Dari data yang ada, sudah 320 pelaku wirausaha yang telah dilatih dalam kurun waktu 2016 sampai dengan 2018.

“Untuk pelatihan hari ini, diikuti oleh 30 peserta pelaku UKM yang dipusatkan di Hotel I Lagaligo Malili selama dua hari,” jelasnya.

Rosdiati berharap pelatihan kewirausahaan ini akan meningkatkan kualitas SDM wirausaha agar usahanya dapat dikelola secara profesional. Kemudian mengoptimalkan pendayagunaan SDM berbasis teknologi yang memiliki keunggulan kompetitif. (hms/tiara)

Komentar