oleh

Dispertanakbun Pastikan Daging Dan Ayam Di Kota Palopo Steril Dari Formalin

RADARLUWURAYA.com – Dinas Peternakan Pertanian dan Perkebunan (Dispertanakbun) Kota Palopo memastikan daging sapi dan daging ayam yang dijual di Kota Palopo steril dari formalin.

Itu diungkapkan oleh Kabid Keswan dan Kesmavet Dispertanakbun Kota Palopo, drh Burhanuddin, setelah melakukan sidak di Pusat Niaga Palopo (PNP).

Menurutnya, sidak dilakukan sejak tanggal tanggal 27 hingga 29 Mei 2019 di pasar tradisional, mall dan rumah potong hewan. Ia juga mengatakan bahwa berdasarkan hasil laboratorium, tidak ditemukan adanya kandungan formalin pada daging ayam dan daging sapi.

“Tidak ada penjualan daging ayam dan daging sapi yang berformalin, itu berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium oleh BPOM dan Bidang Keswan Kesmavet,” kata dokter Bur, Kamis (30/5).

“Insyah Allah aman,” tambahnya.

Dalam sidak itu, lanjut Bur, pihaknya hanya menemukan proses pemotongan ayam yang tidak sesuai dengan syariat Islam sesuai Undang-Undang Peternakan Nomor 18 Tahun 2009.

“Yang ada di Pasar Andi Tadda, pemotong ayam tidak sesuai dengan syariat Islam, harusnya pada saat menyembelih ayam, harus terpotong secara sempurna,” ujarnya.

Pemotongan secara sempurna yang dimaksud, adalah saat ayam disembelih, tiga saluran yakni saluran napas, makanan dan pembuluh darah harus terpotong.

“Temuannya ada yang tidak terpotong,” ujarnya.

Selain tehnik pemotongan ayam, Bur juga menyoroti masalah Higienitas tempat usaha ayam tersebut. Sebab Ia menemukan daging ayam diletakkan di lantai, dan itu tidak boleh.

“Kami lakukan pembinaan terus menerus hingga dilakukan penyitaan dan penutupan usaha,” tandasnya.(Niki)

Komentar