oleh

Enam Unit Dapur Lapangan Bakal Dibuka Di Sulawesi Tengah

RADARLUWURAYA.com – Sebanyak enam unit dapur lapangan siap dikirim Kementerian Sosial (Kemensos) ke lokasi bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah dan sekitarnya.

Menteri Sosial Agus Gusmiwang Kartasasmita mengungkapkan, satu unit dapur lapangan diperkirakan mampu menghasilkan makanan sebanyak enam ribu nasi bungkus.

“Jadi kalau satu unit dalam sekali masak bisa tiga kali maka dia bisa enam ribu nasi bungkus. Maka sehari bisa masak 36 ribu nasi bungkus dari total enam unit,” ungkapnya kepada para Wartawan usai menggelar konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Jakarta, Sabtu (29/9) dini hari.

Pihaknya melatih tenaga relawan untuk ahli dalam memasak di unit dapur lapangan tersebut.

“Itu bisa kami siapkan yang masaknya itu dari tenaga relawan yang kami latih untuk menghadapi bencana, relawan kami dari tagana juga sebetulnya, yang dari sulteng sendiri yang memang tidak tedampak dari bencana mereka sudah mulai kerja dalam membantu para korban disana,” tuturnya.

Dia juga akan menambahkan bantuan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk trauma healing atau pemulihan psikologis.

“Kita sudah siapkan pendamping LDP layanan Dukungan Psikososial. Itu juga kita terjunkan ke lapangan agar pemulihan dari sikologi korban bisa cepat pulih,” pungkasnya.(RMOL)

Komentar