oleh

Gegara Poster Ini, 3 Mahasiswa Palopo Diamankan Paspampres

RADARLUWURAYA – Ada insiden saat Presiden Jokowi menghadiri acara Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) XXI di Universitas Muhammadiyah, Sidoarjo. Tiga mahasiswa asal Kota Palopo berteriak dan berupaya membentangkan poster.

Poster itu berisi tuntutan dan harapan masyarakat Tana Luwu, yang meliputi Kabupaten Luwu Utara, Luwu Timur, Kabupaten Luwu, dan Kota Palopo. Sebuah cita-cita pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Luwu Tengah. Poster itu bertuliskan ‘Mekarkan Luwu Tengah’. Dari foto yang diterima, terlihat karton itu kini sudah dalam kondisi robek.

BACA JUGA : Teriak Mekarkan Luwu Tengah di Muktamar IPM XXI, Tiga Mahasiswa Palopo Diamankan

Paspampres bertindak cepat mengamankan mahasiswa STIE Muhammadiyah dan IAIN Palopo ini. Mereka lalu dibawa menjauhi acara. Komandan Paspampres Mayjen (Mar) Suhartono menjelaskan alasan penghalauan aksi itu.

BACA JUGA : Lewat IG Gubernur SulSel Posting Akses Seko Rampung Akhir 2019

”Karena masih acara, ada protokolnya, ada UU-nya, Paspampres menghalau mereka, terus mengamankan ke luar arena acara. Setelah itu, mereka diserahkan ke panitia acara,” sebut Suhartono.

Dimintai konfirmasi terpisah, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki menyebut Jokowi siap saja menerima aspirasi asalkan disampaikan dengan baik.

“Kalau mau komunikasi, ada jalurnya yang baik, Presiden akan mendengar, Presiden pasti merespons,” kata Teten. (*)

Komentar