oleh

Hadiri Syukuran Panen, Husler Pesan Jaga Kebersamaan

RADARLUWURAYA.com – Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, didampingi Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Puspawati Husler, menghadiri Syukuran Pesta Panen Desa Purwosari, Kecamatan Tomoni Timur, yang mengangkat Tema “Kita Tingkatkan Rasa Kesyukuran, Kesadaran Masyarakat Dan Fungsi Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat” yang berlangsung di Balai pertemuan Kantor Desa Purwosari, Sabtu (29/12) kemarin.

Turut Hadir Wakil Ketua DPRD Luwu Timur, Aris Situmorang, Anggota DPRD Luwu Timur, Iswandi, I Made Suriana, Camat Tomoni Timur, Nursang Oddang, Plt. Kepala Desa Purwosari, Sulkifli.

Plt. Kepala Desa Purwosari, Sulkifli dalam laporannya menyebutkan, desa ini merupakan salah satu desa transmigran yang berasal dari Pulau Jawa. Meskipun jauh, masyarakat di sini juga masih teguh mempertahankan tradisi dan kebudayaan Jawa.

“Syukuran ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan bersih desa di Desa Purwosari yang diwarnai dengan sejumlah pagelaran seni khas Pulau Jawa, diantaranya adalah tarian kuda lumping dan wayang kulit, tradisi ini menjadi sarana perekat persaudaraan dan silaturahmi seluruh warga desa,” ungkap Sulkifli.

Sementara Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler mengatakan, bersih desa dalam tradisi masyarakat menjadi salah satu bagian dari tradisi selamatan yang mengandung banyak hikmah bagi seluruh aspek kehidupan. Disamping itu, kegiatan ini juga merupakan sebuah wahana atau sarana dimana seluruh warga desa dapat berinteraksi sosial satu sama lain secara lebih intensif.

“Mari kita jaga kebersamaan di daerah ini agar suasana tetap kondusif, sehingga pembangunan yang kita laksanakan dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

Diakhir sambutan, Husler mengingatkan kembali, jelang pesta demokrasi Pilpres dan Pileg diharapkan menggunakan hak pilihnya sebaik-baiknya serta turut serta mensukseskan Pemilu Damai.

“Tidak perlu berlebihan dalam menyikapi situasi politik. Jangan tercerai berai. Perbedaan pilihan hal yang biasa. Mari tetap jaga kebersamaan di daerah ini,” kuncinya.

Diakhir acara Husler memukul gong dan dilanjutkan pemotongan tumpeng. (*)

Komentar